Kamis, 18 Juli 2019


Antisipasi Serangan, Babinsa ‘Tembaki’ Hama di Sawah Petani

20 Mar 2019, 11:31 WIBEditor : Yulianto

Babinsa bersama petani menyemprot tanaman untuk mencegah hama tanaman padi | Sumber Foto:Suparman

Babinsa bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) selalu aktif melaksanakan sosialisasi untuk mengajak petani menggulangi serangan hama tanaman

TABLOIDISINARTANI.COM, Klaten---Hama menjadi ‘tamu’ tak diundang yang kerap menggaggu pertanaman padi petani. Untuk mengantisipasi serangan hama, Babinsa Desa Kuncen Koramil 23/Ceper Kodim 0723/Klaten Koptu Suparman terjun langsung ‘menembaki’ sawah petani dengan pembasmi hama.

Misalnya penyemprotan tanaman padi milik Wiyono, petani Desa Kuncen dengan menggunakan obat NARA (pembasmi hama). Kegiatan itu sebagai langkah pengendalian hama saat padi berumur 31 hari.

Penyemprotan yang dilakukan ini untuk mengantisipasi hama. Selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput ilalang yang bakal tumbuh di sekitar padi,” kata Suparman.

Danramil 23/Ceper Kapten Inf Dwi Haryono mengatakan, Babinsa bersama  Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) selalu aktif melaksanakan sosialisasi untuk mengajak para petani menggulangi serangan hama tanaman. "Kami selalu menghimbau dan mengajak petani untuk melakukan penyemprotan secara serentak guna mengendalikan serangan hama tersebut,” katanya.

Bila penyemprotan di lakukan bersama sama serentak dan terjadwal, maka hama tidak akan berpindah ke sawah yang lainnya dan akan mati. Bahkan Dwi Haryono meminta, petani tidak perlu sungkan meminta bantuan Babinsa di desanya untuk permasalahan yang dihadapi petani. Babinsa siap membantu petani,” ujarnya.

 

Pendampingan tanam

Selain membantu penyemprotan hama, Babinsa juga melaksanakan pendampingan petani saat menanam padi. Misalnya di lahan Gapoktan Tani Makmur. Pendampingan juga dilakukan saat pengolahan lahan, perawatan, pemupukan sehingga hasil panennya memuaskan. Pendampingan pengolahan lahan dilakukan Babinsa di lahan milik Sumardi. Bertempat di Dukuh Metukan Rt02/Rw04, Desa Kuncen Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten.

Koptu Suparman saat mendampingi petani mengatakan, pihaknya membantu petani tanam padi guna percepatan dan pengolahan lahan untuk disiapkan penanaman padi, sehingga sawah dibajak dan dilakukan penyiapan bibit padi. Saat ini kelompok tani mulai membajak sawah dan lahan mereka didukung pengairan yang lancar, sehingga sawah siap di tanami padi.

Untuk menggenjot produktifitas panen, pihaknya sudah mengintruksikan agar diupayakan percepatan masa persiapan tanam dengan mendukung prasarana mesin pertanian dan perluasan lahan. “Pendampingan ini kami dilakukan untuk mewujudkan swasembada pangan dan pencapaian target serapan gabah produksi tahun 2019 di Klaten,” katanya.

Dwi Haryono mengatakan, kegiatan yang di lakukan Babinsa merupakan suatu bentuk kepedulian TNI membantu pemerintah dalam mensukseskan swasembada pangan, khususnya di Kabupaten Klaten. Karena itu Babinsa harus mengawasi lahan atau sawah dan terjun langsung ke lapangan, jangan sampai ada lahan yang tidak ditanami. “Dengan cara ini swasembada pangan yang ada di wilayah dapat tercapai,” ujarnya.

 

Reporter : Suparman
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018