Sabtu, 24 Agustus 2019


Atasi Stunting dengan KRPL di Pekarangan Sendiri

16 Jul 2019, 19:26 WIBEditor : Gesha

Dengan KRPL, ketahanan pangan keluarga dan permasalahan stunting bisa teratasi | Sumber Foto:LELY

Program KRPL berguna bagi keluarga yang terkena stunting dapat memenuhi asupan gizinya melalui tanaman sayuran dan buah yang ditanam dihalaman pekarangan rumah anggota KWT.

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Sukabumi --- Tingginya tingkat stunting di Kabupaten Sukabumi menjadi salah satu fokus tersendiri bagi pemerintah setempat, tidak terkecuali Dinas Pertanian dan Balai Penyuluhan Pertanian. Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan salah satu  upaya Pemerintah untuk mengatasi stunting dan menjadi basis ketahanan pangan masyarakat di tingkat Desa.

Program yang menitikberatkan kegiatannya pada pemberdayaan kelompok wanita tani dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan tanam untuk semua jenis tanaman yang bernilai gizi konsumsi keluarga.

Salah satunya diinisasi oleh Kelompok Wanita Tani  Mawar, Desa Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi yang menjadi KWT bantuan program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) dari Dinas Ketahanan Pangan Kab Sukabumi. 

Dibawah kepemimpinan Halimah Sadiah, KWT yang beranggotakan 30 orang wanita ini membudidayakan cabe besar, cabe keriting, cabe rawit hijau, cabe rawit putih, terong ungu, terong hijau, kangkung, bayam, selada dan lainnya. Tak hanya sayuran, untuk memenuhi gizi keluarga KWT Mawar juga membudidayakan domba, ikan lele, ikan mas, nila, serta ayam. 

Penyuluh pendamping dari BPP Kebonpedes, Eni Suliawati mengatakan dari program KRPL berguna bagi keluarga yang terkena stunting dapat memenuhi asupan gizinya  melalui tanaman sayuran dan buah yang ditanam dihalaman pekarangan rumah anggota KWT.

“Bukan hanya sayuran, kebutuhan protein hewani pun dapat dipenuhi dari lingkungan rumah sendiri.Kedepan, tak hanya memenuhi kebutuhan pangan gizi semata usaha KWT ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan keluarga dan masyarakat secara ekonomi melalui kegiatan usahatani, usaha ternak dan usaha budidaya ikan di lahan pekarangan,” tambahnya.

Reporter : Lely
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018