Sabtu, 24 Agustus 2019


Pemkab Barito Timur - BPTP Kalteng Kembangkan Padi Lokal Siam Busu

29 Jul 2019, 10:45 WIBEditor : Gesha

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Timur melakukan kerjasama dengan Bappeda dan BPTP Kalteng untuk mengambangkan Padi Siam Susu sebagai produk pangan unggulan daerah. | Sumber Foto:HUMAS KEMENTAN

TABLOIDSINARTANI.COM, Barito Timur --- Sebagai penghasil padi dan lumbung pangan untuk wilayah Timur Kalimantan Tengah, Barito Timur memiliki banyak padi lokal yang ditanam, beberapa telah dikaji dan dikarakterisasi sebagai kekayaaan plasma nutfah  daerah, salah satu jenis varietas Siam Busu yang telah didaftarkan ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) Kementerian Pertanian RI.

Agar semakin memasyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Timur melakukan kerjasama dengan Bappeda dan BPTP Kalteng untuk mengambangkan Padi Siam Susu sebagai produk pangan unggulan daerah. 

Wakil Bupati Barito Timur (Habib Said AbdulnShaleh) menyambut  baik upaya dan dukungan BPTP untuk ikut mengawal dalam melestarikan dan merawat kekayaan plasma nutfah wilayahnya melalui kegiatan kerjasama.

Menurut Kepala BPTP Kalteng (Dr.Fery F.Munier) kegitan kerjasama ini.direncanakan untuk menghasilkan varietas padi siam Busu dan turunannya sebagai produk unggulan yang bernilai ekonomis tinggi dan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat. "Nantinya akan ada serangkaian kegiatan observasi, seleksi, uji adaptasi dan pelepasan varietas padi siam busu sebagai varietas unggul lokal nasional," ungkapnya.

Sementara itu Peneliti Padi dari BPTP Kalteng, Susilawati menyatakan bahwa keunggulan plasma nutfah padi asal Barito Timur adalah tahan terhadap pH tanah yang tinggi, toleran kekeringan.

Keberadaan berbagai jenis padi lokal Bartim seperti Siam Kupang, Taring Planduk, si Juntai, padi Lungkung Harum, Siam Cantik, dan lainnya merupakan potensi unggulan spesifik daerah. Nilai ekonomi yang dihasilkan akan sangat  bermanfaat untuk menciptakan produk-produk unggulan," bebernya.

Reporter : Kontributor
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018