Tuesday, 27 October 2020


Dibantu Babinsa, Petani Klaten Panen Saat Wilayah Lain Kekeringan

31 Jul 2019, 16:43 WIBEditor : Yulianto

Babinsa membantu petani panen | Sumber Foto:Suparman

Sebagai aparat teritorial, Babinsa mengajak petani agar lebih bersemangat dalam bercocok tanam. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan

TABLOIDSINARTANI.COM, Klaten-Meski petani di beberapa wilayah Indonesia tengah bersedih, karena lahannya terkena kekeringan. Namun petani di Dukuh Metukan, Desa Kuncen Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten, dengan dibantu Babinsa justru masih panen.

Kehadiran Bintara Pembina Desa (Babinsa) sangat dirasakan petani. Selain ikut memberikan penyuluhan, para tentara ini juga ikut mendampingi petani panen padi. Babinsa Koramil 23/Ceper, Koptu Suparman mengatakan, sebagai aparat teritorial, Babinsa mengajak petani agar lebih bersemangat dalam bercocok tanam. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan.

Suparman berharap, dengan kehadiran Babinsa mampu mendorong petani yang ada di wilayahnya meningkatkan produksi pangan. Sebab, Babinsa juga selaku motivator harus mampu mengajak petani untuk mendukung pencapaian program swasembada pangan nasional.

Disamping pendampingan pertanian sekaligus untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui bidang pertanian,” katanya. Babinsa lanjut Suparman, selaku aparat teritorial merupakan ujung tombak TNI yang berada di seluruh wilayah desa binaan, karena langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Sementara Sutarto, petani pemilik lahan mengatakan, sangat berterima kasih kepada Babinsa yang telah membantunya dalam melakukan panen padi kali ini.  Diakuinya mulai dari penanaman selalu diberikan cara yang terbaik agar padi bisa tumbuh subur.“Saya sangat bangga dengan Babinsa yang selalu mendampingin kami di sawah, mulai proses pengolahan lahan sampai dengan panen padi hingga hasilnya sangat memuaskan,” tuturnya.

Selain di lahan Sutarto, Suparman juga memberikan pendampingan panen padi di lahan persawahan milik Siswanto di Desa Kuncen dengan luas lahan 2.200 meter persegi. “Saya tak mengenal lelah walaupun berjibaku dengan lumpur dan gatal gatal di badan karena tugas saya sebagai Babinsa harus selalu siap sedia membantu warga, apalagi dalam kegiatan panen padi seperti ini,” tegasnya.

Sementara itu Sasongko Suwardi, Ketua Gapoktan menyampaikan masyarakat sangat senang dengan adanya Babinsa yang terjun langsung membantu petani, serta memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani. Dengan adanya pendampingan dari Babinsa hasil panen tahun kali ini cukup bagus sehingga kesejahteraan petani dapat meningkat.

Ia berharap hal ini bisa terus di lakukan Babinsa, sehingga petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan secara nasional agar warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan.

Reporter : Suparman
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018