Tuesday, 27 October 2020


Turun ke Sawah, Babinsa jadi Motivator Petani

07 Aug 2019, 15:21 WIBEditor : Yulianto

Babinsa turun ke sawah membantu petani panen | Sumber Foto:Suparman

Turunnya Babinsa ke sawah sebagai pendamping di wilayah desa binaannya, juga dapat memberikan motivasi dan semangat petani serta bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat

TABLOIDSINARTANI.COM, Klaten---Dalam upaya menjaga ketahanan pangan, pemerintah dalam beberapa tahun terakhir mengajak TNI untuk ikut ‘terjun’ ke sawah. Salah satunya dengan menerjunkan Babinsa untuk membimbing dan menjadi motivator petani.

Salah satunya yang dilakukan Babinsa Koramil 23/Ceper Kodim 0723/Klaten, Koptu Suparman yang membantu Kelompok Tani Makmur melaksanakan panen padi seluas 2.200 meter persegi di Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Danramil 23/Ceper Kapten Inf Dwi Haryono mengatakan, kegiatan yang dilakukan para Babinsa ini dalam rangka mendukung program Upsus padi, jagung dan kedelai (Pajale), khususnya untuk mewujudkan swasembada pangan nasional.

“Untuk mendampingi petani kami akan selalu siap menerjunkan Babinsa, kapan saja waktunya butuhkan. Selain itu kami akan mengoptimalkan peran Babinsa dan selalu berkoordinasikan dengan pihak terkait, demi suksesnya program ketahanan pangan,” tuturnya.

Danramil mengharapkan dengan turunnya Babinsa ke sawah sebagai pendamping di wilayah desa binaannya, juga dapat memberikan motivasi dan semangat petani serta bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam proses panen padi tersebut Baninsa Koramil 23/Ceper dan petani tampak semangat saat memotong tanaman padi. Untuk panen padi kali ini dipotong, langsung dirontok  menggunakan mesin perontok padi di lokasi. “Saya tak akan lelah walaupun bergelut dengan lumpur dan gatal gatal di badan, karena tugas saya sebagai Babinsa harus selalu siap sedia membantu warga apalagi dalam kegiatan panen padi seperti ini,” kata Koptu Suparman.

Suparman menegaskan, dalam menyukseskan program swasembada pangan ini, pimpinan TNI AD memang memerintahkan Babinsa supaya terjun ke lapangan dan berkoordinasi dengan PPL dalam menjalankan tugas, sehingga program pertanian dapat berjalan lancar.

Ketua Kelompok Tani, Maryono mengaku senang dan terimakasih kepada TNI, khususnya Babinsa yang turun langsung membantu petani di sawah. Apalagi yang dilakukan Babinsa juga memberikan penyuluhan maupun bimbingan dalam bertani. “Dengan pendampingan dari Babinsa hasil panen tahun ini bisa maksimal,” katanya.

Anggota Poktan lainnya, Sutiyoso juga mengapresiasi dengan bantuan Babinsa dalam melaksanakan tanam dan panen pad., “Kami berharap dengan adanya pendampingan   ini bisa memajukan pertanian dan bisa mensejahterakan masyarakat di sektor ketahanan pangan,” ujarnya.

Reporter : Suparman
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018