Saturday, 23 January 2021


Karanganyar Menjadi Percontohan Nasional Pertanian Terpadu

03 Jan 2021, 15:02 WIBEditor : Gesha

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menekankan apresiasi dalam integrated farming | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Karanganyar --- Tak jauh dari Ibukota Negara, Kabupaten Karanganyar dipilih Kementerian Pertanian menjadi percontohan Nasional dari Pertanian Terpadu. Memangnya ada apa disana?

Belum lama berselang di tahun 2020, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengunjungi Integrated Farming di Desa Kragan, Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Kementerian Pertanian tengah mendorong pengembangan pertanian terpadu (integrated farming) mendukung upaya Pemerintah dalam mewujudkan lumbung pangan.

Menteri Pertanian sangat mengapresiasi penerapan integrated farming yang sudah dilakukan di Kabupaten Karanganyar dengan beragam komoditas dibudidayakan secara terintegrasi. 

Dalam kunjungannya tersebut, dirinya melihat langsung budidaya yang terintegasi milik Willy Suratman di lahan 1.000 meter. Willy mengintegrasikan air buangan dari kolam ikan untuk pengairan kebun pisang. Willy juga mengembangkan magot sebagai pakan ikan berprotein tinggi. Campuran sisa pakan magot dari limbah pertanian dan cacahan pisang inilah yang sedang dikembangkan untuk budidaya jahe merah.

Yuk kita simak dalam video dibawah ini

Jangan lupa untuk selalu Subscribe, Like dan Share setiap berita dari SINAR TANI.

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018