Saturday, 23 October 2021


Panen Dobel dari Tumpang Sari Hidroponik Cabai-Kangkung dan Tomat-Kangkung

04 Jan 2021, 08:58 WIBEditor : Gesha

Hasil panen kangkung hidroponik tumpang sari antara cabai rawit dan tomat | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Yogyakarta --- Apakah Anda tahu jika pertanaman hidroponik bisa dilakukan secara tumpang sari? Sambil menunggu panen tomat dan cabai, Anda bisa juga panen kangkung untuk sayuran sehari-hari.

Seorang hortikulturis spesialis hidroponik asal Yogyakarta, Dr. Ani Andayani seringkali melakukan ujicoba dari pertanaman hidroponiknya. Paling terbaru dirinya mencoba melakukan hidroponik tumpang sari.

Mengapa harus tumpang sari? Ani mengaku iseng dan penasaran dengan hasilnya. Sebab,  hidroponik itu budidaya monokultur baik skala mini, skala kecil, skala midi, skala besar atau bahkan skala bisnis, semua secara monokultur. 

Dengan modifikasi dan ujicoba, akhirnya dirinya bisa  panen tumpangsari kangkung dengan tomat dan cabai rawit di 31 Desember 2020 silam. "Umur kangkung saat itu 18 hari karena ditanam tanggal 12 Desember 2020," tutur Ani kepada SINTA TV, Minggu (3/1).

Ani mengatakan, hasil tumpang sari kangkung dengan cabai dan tomat ini sama dengan kualitas hidroponik monokultur. "Saya bisa pelajari ada pemanfaatan masa tunggu cabai dan tomat, bisa panen kangkung duluan dengan kualitas kangkung yang tidak kalah dengan sistem monokultur," tuturnya.

Ani pun melakukan pengamatan pertumbuhan dari cabai dan tomat setelah kangkung dipanen hingga Sabtu (2/1). "Cabai rawit dan tomat yang dijejer (tumpang sari) dengan kangkung bisa tetap sehat dan subur sambil menunggu fase generatifnya," tambah Ani.

Penasaran seperti apa hasil panen hidroponik tumpang sari cabai dan tomat yang dilakukan Dr. Ani Andayani ini? Silahkan simak video berikut ini

Jangan lupa untuk selalu Subscribe, Like dan Share setiap berita dari SINAR TANI. 

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018