Sunday, 28 February 2021


Dengan Teknologi Balitbangtan, Petani Food Estate Mulai Nikmati Hasil

01 Feb 2021, 13:10 WIBEditor : Gesha

Pertanaman petani food estate mulai membuahkan hasil | Sumber Foto:Puslitbang Tanaman Pangan

TABLOIDSINARTANI.COM, Pulang Pisau --- Pengembangan food estate sebagai lumbung pangan di Kalimantan Tengah (Kalteng), mendapat respon positif masyarakat, khususnya petani lahan rawa di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas. 

Kementerian Pertanian telah melakukan pemetaan dan penataan lahan rawa yang potensial dijadikan kawasan food estate di Kalimantan Tengah. Tercatat ada sekitar 30.000 ha lahan rawa potensial yang berada di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas di Kalteng tengah mulai dikelola sebagai bagian kawasan food estate dan akan terus dikembangkan pada tahun mendatang.

Sebagai percontohan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian, menggelar demfarm di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas pada lahan masing-masing seluas 1000 ha yang telah ditanami padi sejak Oktober 2020. 

Kini, Demfarm Food Estate Central of Excellence  di Kabupaten Pulang Pisau yang berlokasi di Desa Blantisiam Kecamatan Pandih Batu tengah memasuki  umur panen dan menunjukkan gambaran awal keberhasilan dari teknologi yang diintroduksikan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbang Pertanian).

Berikut ini, beberapa testimoni dari petani kooperator yang menggunakan teknologi Balitbangtan di kawasan food estate Kalimantan Tengah. 

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018