Sabtu, 07 Desember 2019


PEDA X KTNA Kaltim Hadirkan Teknologi untuk Merubah Kesejahteraan Petani dan Nelayan

20 Jul 2019, 04:47 WIBEditor : Ahmad Soim

Makan Malam Gubernur Kaltim Isran Noor bersama KTNA Nasional dan KTNA Kaltim di rumah dinas Bupati Berau dalam rangka Peda X KTNA Kaltim | Sumber Foto:Ahmad Soim

Gubernur Kaltim Isran Noor mengharapkan semoga petani nelayan semakin memiliki wawasan, banyak informasi, memiliki kapasitas dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat petani nelayan.

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Berau – Produksi pertanian yang dihasilkan oleh petani dan nelayan kita  memerlukan teknologi, bukan hanya di industri hilirnya, melainkan juga dalam merubah pendapatan masyarakatnya menjadi kawasan agroindustri dan agrowisata.

 

“Para petani sekarang sudah banyak yang memegang telepon pintar (android), ada dasar bagi mereka mendapatkan informasi secara cepat. Kecepatan informasi untuk petani dan nelayan ini harus dikelola untuk mempercepat dukungan realisasi revolusi industri 4.0 di bidang pertanian,” kata Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor saat makan malam bersama para petani dalam kegiatan Pekan Daerah X Kontak Tani Nelayan Andalan (Peda X KTNA) Kalimantan Timur di Berau (19/7).

 

Hadir dalam makan malam ini antara lain Ketua Umum KTNA Nasional Winarno Tohir, Sekjen KTNA Nasional Sofyan, Bendahara Umum KTNA Nasional Ruslim, pengurus KTNA Kaltim, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Ibrahim dan Muspida Kaltim.

 

Ketua Umum KTNA Winarno Tohir mengatakan dalam setiap kegiatan PEDA dan Pekan Nasional (PENAS) KTNA selalu dihadirkan teknologi baru berupa gelar teknologi yang ditampilkan oleh para petani nelayan, Lembaga penelitian milik pemerintah maupun swasta.  

 

Bupati Berau Muharam menyampaikan pada PEDA X KTNA Kaltim  yang akan dibuka Gubernur Kaltim hari ini (20/7) pesertanya hampir 2000 orang. “Kabupaten Berau mengirim peserta sebanyak 381 orang dan terbanyak adalah dari Kutai Kartanegara yang mengirim peserta sebanyak 400 orang,” tambahnya pada makan malam bersama KTNA ini.

 

Bupati Berau berharap dalam kegiatan Peda ini para petani bisa bertukar informasi ilmu teknologi dan bersinergi supaya mampu meningkatkan produktivitas pertanian, perkebunan dan perikanan.

 

Lebih lanjut Gubernur Kaltim Isran Noor mengharapkan semoga petani nelayan semakin memiliki wawasan, banyak informasi, memiliki kapasitas dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat petani nelayan.

 

Pemerintah Daerah Kaltim jelas Isran Noor terus berupaya meningkatkan kemandirian petani nelayan melalui penguataan kelembagaan ekonomi petani. “Seperti dalam Peda ini kita meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan sikap para petani nelayan kita, karena itu semua adalah sumber segala awal dari kesejahteraan,” terangnya.   

 

Kelembagaan tani yang sudah eksis lanjut Isran Noor  kita kembangkan sesuai dengan lingkungan strategis, paradigmanya kita sesuaiakan pembangunan kekinian.

 

“Banyak sekali perubahan lingkungan pembangunan saat ini, termasuk  menyesuaikan dengan industri 4.0. Paling tidak kita memahami.  Paling tidak selama ini semua petani sudah memegang HP ada smartphone, android, itu kan dasarnya, kecepatan pembangunan pertanian harus disesuaikan termasuk petani dan nelayan dalam memperoleh informasi,” tambahnya.

.

Reporter : Som
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018