Wednesday, 19 February 2020


BPTP Jambi Sebarkan Inovasi Pertanian untuk Kostratani

12 Feb 2020, 16:46 WIBEditor : Ahmad Soim

BPTP Jambi | Sumber Foto:Dok

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Kota Jambi – Untuk meningkatkan penderasan hilirisasi inovasi teknologi Balitbangtan, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi   mengadakan  Rapat Koordinasi Temu Tugas Peneliti Penyuluh  dan Penyuluh daerah di Aula Agroinovasi BPTP Jambi, Pebruari 2020.

Kegiatan dalam rangka menyukseskan program Kostratani (Komando Strategis Pembangunan Pertanian) di Provinsi Jambi ini diikuti kurang lebih 80 orang peserta terdiri dari para Peneliti Penyuluh BPTP Jambi, Penyuluh Dinas TPHP Provinsi Jambi serta Penyuluh pada Dinas Perkebunan Provinsi Jambi.

Temu Tugas Peneliti Penyuluh ini ditujukan untuk mewujudkan sinergitas  kegiatan diseminasi inovasi teknologi Balitbangtan dan penyelenggaraan penyuluhan oleh  pemerintah daerah serta mendiseminasikan inovasi teknologi Balitbangtan dalam mendukung keberhasilan program Kostratani di Provinsi Jambi.

Ada tiga kabupaten/kota yang menjadi tempat kegiatan Uji Adaptasi tahun anggaran 2020, antara lain Kota Sungai Penuh, Kabupaten Tebo dan Kabupaten Bungo, dengan komoditi utama padi sawah.

Inovasi teknologi yang akan diintroduksikan adalah paket teknologi Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) yang disesuaikan dengan kondisi spesifik sumberdaya lahan masing-masing lokasi.

Inovasi teknologi pendukung lainnya yang dibutuhkan antara lain teknologi budidaya padi sawah dan penanganan hama dan penyakit utama pada tanaman padi, pemupukan tanaman padi sawah spesifik lokasi, dan penanganan dan pengolahan pasca panen tanaman padi. Dengan demikian keberhasilan usahatani padi sawah yang dikelola petani di Provinsi Jambi dapat berhasil. 

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018