Wednesday, 19 February 2020


Balingtan-BPP Jakenan Kerjasama untuk Transfer Teknologi dan Program Kementan

13 Feb 2020, 13:51 WIBEditor : Gesha

Kepala Balingtan, Ir. Mas Teddy Sutriadi, M.Si (berbaju putih) | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Pati --- Sebagai upaya pengawalan transfer teknologi inovatif lingkungan pertanian dan program strategis Kementerian Pertanian, Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) melakukan sinergitas dengan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Jakenan. 

 “Ujung tombak keberhasilan transfer teknologi pertanian ada di tangan para penyuluh sehingga sangat penting sekali bagi Balingtan untuk meningkatkan kerjasama dengan BPP,” ungkap Kepala Balingtan, Ir. Mas Teddy Sutriadi, M.Si mengawali pembicaraan rencana kerjasama terkait pelaksanaan kegiatan penelitian Tahun Anggaran (TA) 2020 dan pengawalan program strategis Kementan di BPP Jakenan.

Koordinator penyuluh Kecamatan Jakenan, Ngadiman N.S., SP menyambut baik itikad Balingtan untuk menggandeng BPP Kecamatan Jakenan untuk bersama-sama bekerja demi kemajuan pertanian di wilayahnya.

Sebelumnya, Balingtan telah menjalin kerjasama dengan BPP Kecamatan Sukolilo,  Pati untuk mengawal kegiatan “Pengelolaan Panca Kelola Pertanian Ramah Lingkungan di Desa Wotan, Kecamatan Sukolilo” yang kegiatannya masih berjalan hingga saat ini.

Pada Tahun Anggaran 2020, Balingtan berupaya menjawab isu lingkungan terkait pembakaran jerami melalui kegiatan “Pengelolaan Jerami Ramah Lingkungan (Ramli)” dan menempatkan demplot di Kecamatan Jakenan sehingga dapat dikawal bersama dengan BPP Jakenan.

Teknologi inovatif Balingtan yang disebut Panca Kelola Ramli meliputi varietas padi yang adaptif perubahan iklim, aplikasi biochar-kompos, urea berlapis biochar, biopestisida, dan pengaturan air. Kelima teknologi inovatif tersebut diharapkan dapat mengungkit produktivitas padi dan hortikultura di lahan tadah hujan dengan konsep ramah terhadap lingkungan.

Panca Kelola Ramli dikombinasikan dengan pengelolaan jerami Ramli juga diharapkan mampu menjawab isu pembakaran jerami di lahan sawah.

Dalam waktu dekat Balingtan akan mendampingi para penyuluh di BPP Jakenan untuk mengoperasikan alat uji tanah (PUTS dan PUTK) dan tidak menutup kemungkinan akan bergabung pula BPP lain di Kabupaten Pati.

Kerjasama juga akan dilakukan dalam hal pendampingan untuk mensukseskan program strategis Kementan. BPP Kecamatan Jakenan merupakan satu dari tiga lokasi Konstratani di Kabupaten Pati yang mendapatkan fasilitas Agriculture Operation Room (AOR). Dua lokasi lainnya adalah BPP Kayen dan BPP Sukolilo.

“Menjadi erat akhirnya hubungan BPP Jakenan dan Balingtan karena keduanya mempunyai fasilitas AOR sehingga bisa bersama-sama mengawal program tersebut dan Balingtan sangat terbuka bagi teman-teman penyuluh dari BPP untuk saling berkomunikasi dan bertukar pengetahuan,” ungkap Mas Teddy di akhir pertemuan. 

Reporter : Kontributor
Sumber : BALINGTAN
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018