Saturday, 06 June 2020


Kenalin Nih Jagung Ungu, Bisa Perkuat Sistem Imun Anda

04 Apr 2020, 17:59 WIBEditor : Gesha

Jagung ungu menjadi sumber antioksidan terbaru | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Bahan pangan yang kaya akan antosianin dipercaya bisa meningkatkan dan memperkuat imunitas tubuh, terutama dalam menghadapi pandemi Corona sekarang ini. Setelah ubi ungu, beras merah dan beras hitam, kali ini giliran jagung ungu yang kaya antosianin.

Di Indonesia, jagung ungu varietas Lokal terdapat di beberapa daerah seperti plasma nutfah yang ditemui di Sulawesi Utara, Gorontalo, Palu dan daerah lainnya. Biji jagung yang berwarna ungu telah dimanfaatkan oleh penduduk lokal sebagai bahan pewarna serta pangan olahan rebusan dan minuman (panen masak susu).

Warna ungu yang terdapat pada jagung ungu disebabkan oleh tingginya kandungan antosianin, khususnya jenis Chrysanthemin (cyanidan 3-O.glucoside), dan pelargonidin (3-O-B-D-Glucoside).

Antosianin termasuk komponen pangan fungsional, dan mempunyai fungsi kesehatan yang sangat baik karena aktif sebagai antioksidan. Antioksidan adalah zat kimia yang menyumbangkan elektron kepada radikal bebas dan mengubahnya menjadi molekul tidak berbahaya. Antioksidan dapat menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif yang menyebabkan penuaan dan penyakit.

Antioksidan mencegah kerusakan pada membran pembuluh darah, membantu mengoptimalkan aliran darah ke jantung dan otak, melawan kanker yang menyebabkan kerusakan DNA, dan membantu menurunkan resiko penyakit jantung.

Kelebihan jagung ungu dibanding bahan pangan lainnya adalah dari mulai panen masak susu hingga masak fisiologis sangat memadai sebagai bahan dasar untuk mendukung berbagai produk diversifikasi pangan fungsional.

Balai Penelitian Tanaman Serealia (Balitsereal), Badan Litbang Pertanian sendiri telah melepas (VUB) varietas Srikandi Ungu, memiliki rasa pulen karena mengandung amilosa rendah 6,66 – 9,37 persen. Karakter fisikokimia ini sangat menguntungkan dalam pengolahan karena cepat matang namun kandungan antosianin tidak drastis turun.

Olahan sederhana  dari jagung ungu ini adalah direbus, dan air rebusan yang masih hangat bisa jadi minuman segar yang kaya antosianin dan nikmat dengan aroma yang spesifik jagung.

Dengan sentuhan teknologi pengolahan, jagung masak susu dapat diolah menjadi es krim, puding yang enak, sedangkan dalam bentuk pipilan kering dengan antosianin (kurang lebih 51,74mg/100g) dapat diolah menjadi tepung, selanjutnya diolah berbagai olahan termasuk brownies yang memiliki tekstur kenyal dengan warna, rasa, aroma yang memiliki daya tarik untuk dicicipi.

Reporter : Kontributor
Sumber : Puslitbang Tanaman Pangan
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018