Friday, 05 June 2020


Tertarik Budidaya Kentang dengan Metode Aeroponik?

18 May 2020, 05:12 WIBEditor : Gesha

Perbenihan kentang dengan cara aeroponik | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Budidaya hortikultura kian seksi sekarang ini, dan banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya ada budidaya kentang secara aeroponik. Seperti apakah budidaya kentang aeroponik?.

Keterbatasan lahan dan tanah kini bisa disiasati dengan sistem budidaya modern. Bisa hidroponik, bisa vertikultur, bahkan yang terbaru ada istilah aeroponik yang merupakan sistem bercocok tanam sayuran di udara tanpa penggunaan tanah.

Pada aeroponik, nutrisi disemprotkan pada akar tanaman, air yang berisi larutan hara disemburkan dalam bentuk kabut hingga mengenai akar tanaman. Akar tanaman yang ditanam menggantung akan menyerap larutan hara tersebut.

Salah satu tanaman hortikultura yang dimungkinkan untuk dibudidayakan sistem aeroponik adalah kentang. Banyak keuntungan yang bisa dirasakan dengan berbudidaya kentang secara aeroponik ini. Mulai dari tahan hama, bakteri dan jamur pemicu busuk daun.

Jika Anda tertarik berbudidaya kentang secara aeroponik, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengajak Anda untuk mengikuti pelatihan online Bimbingan Teknis Pemanfaatan Aeroponik untuk Produksi Benih Kentang Bermutu. 

Pelatihan tersebut akan dilakukan melalui aplikasi Zoom dan Live Youtube Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa), Senin (18/5) pada pukul 13.00-14.00 WIB. Adapun narasumbernya adalah peneliti-peneliti dari Balitsa, seperti Juniarti Prihatiny Sahat, Sp.,MP (Kelti Pemuliaan, Perbenihan dan Plasma Nutfah).

Materi akan diisi dengan pemaparan tentang aeroponik oleh peneliti selama 30 menit dan diskusi dengan peserta selama 30 menit. Tertarik mengikuti? Harap konfirmasi keikutsertaan via link http://bit.ly/bimtekaeroponik.

 

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018