Thursday, 02 July 2020


Pelatihan Vertical Farming Online Dinas KPKP DKI Jakarta Banjir Peminat

21 Jun 2020, 08:22 WIBEditor : Gesha

Pelatihan vertical farming | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Pemanfaatan lahan di perkotaan untuk pertanian kini semakin menarik minat berbagai kalangan. Dinas KPKP DKI Jakarta secara rutin menyelenggarakan pelatihan, namun dalam situasi waspada pandemi Covid-19 pelatihan dilaksanakan secara online. Salah satunya pelatihan Vertical Farming Online yang tidak hanya diikuti warga Jakata tetapi juga warga daerah lainnya.

Dinas KPKP DKI Jakarta menyelenggarakan pelatihan online “Optimalisasi Lahan Pekarangan Kota dengan Vertical Farming “ pada Kamis (18/6) di kantornya. Peserta sebanyak 178 orang yang terdiri dari pelaku urban farming 38 orang, petani tradisional 1 orang, pelajar/mahasiswa 7 orang, ibu rumah tangga 20 orang, ASN 59 orang, dosen/guru/pengajar 5 orang, PKK 6 orang, pensiunan 7 orang dan warga lainnya 4 orang. 

Berdasarkan data yang masuk, peserta yang mendaftar selain dari DKI Jakarta, terdapat juga peserta dari provinsi lainnya dengan rincian sebagai berikut ;  DKI Jakarta sebanyak 111 orang, Banten 7 orang, Jawa Barat 41 orang, Jawa Tengah 4 orang, DIY 1 orang, Jawa Timur 2 orang, Jambi 1 orang, Sumatera Selatan 1 orang, Kalimantan 1 orang dan Sulawesi 9 orang. 

Untuk diketahui, Dinas KPKP mulai tahun 2016 melakukan pengembangan budidaya pertanian berbasis ruang, salah satunya melalui pembentukan gang hijau, hidroponik dan optimalisasi lahan pekarangan. "Kami berbagi tugas dengan kawan-kawan ASN termasuk Penyuluh Pertanian, Satuan Pelaksana Kecamatan dan para penggiat Urban Farming yang sudah berkembang dengan baik, Dinas KPKP mensosialisasikan dan menyelenggarakan pengenalan, pelatihan serta kunjungan lapangan tentang teknologi yang praktis dan tepat guna yang mudah diterapkan oleh masyarakat, “ kata Sekretaris Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati atau akrab disapa Elly, saat membuka pelatihan online dan ucapan selamat datang kepada para peserta.

Berdasarkan data yang masuk peserta kali ini di dominasi usia produktif sebanyak 146 orang (82%), yang berusia di range 31-60 tahun, menunjukkan aktivitas pertanian perkotaan di Kota Jakarta pada khususnya menunjukkan suatu perkembangan yang siqnifikan atau masuk 'new pertanian' dari masa sebelumnya yang lebih banyak dilakukan usia diatas 60 tahun. 

“Dengan adanya pelatihan ini semoga muncul ide ide baru dalam pemanfaatan ruang yang terbatas di Jakarta dan kegiatan kegiatan seperti ini untuk tetap dilanjutkan dan dikembangan berkolaborasi dengan berbagai pihak, “ kata Elly

Pelatihan Optimalisasi Lahan Pekarangan Kota dengan Vertikal Farming online melalui Aplikasi Google Meet menghadirkan 2 narasumber yang terdiri dari Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP, Mujiati dan direktur Vinca Nursery, Slamet Budiarto dengan materi Optimalisasi Lahan Pekarangan Kota dengan Vertical Farming. 

Pada Tahun 2013, Slamet Budiarto menyusun buku "Vertical Garden - Inspirasi Desain dan Cara Membuat" diterbitkan oleh Agromedia Jakarta. Slamet Budiarto banyak melakukan penelitian tentang Vertikal Garden sejak tahun 2008. Bekal pengetahunnya tentang hidroponik dipadukan dengan tanaman hias untuk mengembangkan model-model vertical garden beserta sistem irigasinya.

Pada pelatihan kali ini dibagi sebanyak tiga sesi yaitu  sesi pemaparan dari narasumber, tanya jawab dan pemberian hadiah kepada para peserta yang mampu menjawab dengan benar pertanyaan dari narasumber.

Para peserta ternyata sangat antusias dengan materi yang dipresentasikan oleh narasumber, dan mereka aktif berdialog seputar pemanfaatan pekarangan, hama penyakit dan bertani secara vertikal yang merupakan teknologi bertani kekinian.

 “Kegiatan pelatihan online optimalisasi Lahan Pekarangan Kota dengan Vertical Farming yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat baik perkotaan maupun di daerah.  Terima kasih kami ucapkan kepada nara sumber dan panitia, semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan. Urban Farming yes, vertical farming oke,” kata Sigit salah seorang peserta pelatihan.

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018