Saturday, 24 October 2020


Lima Manfaat Bertani Organik, Yuk Kita Lakukan !

23 Sep 2020, 11:01 WIBEditor : Gesha

Bertani organik memberikan manfaat yang luar biasa | Sumber Foto:istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Bertani organik ternyata memberikan manfaat yang luar biasa lho. Setidaknya ada lima manfaat yang bisa kita peroleh dari bertani organik. Dengan menjaga alam, alam pun akan menjaga kita secara langsung. Yuk mari mulai bertani secara organik!.

Dari masa nenek moyang kita terdahulu, pertanian memang dijalankan dengan cara organik. Dengan cara ini, ternyata bisa memenuhi kebutuhan akan pangan setiap hari. Seiring perkembangan zaman, penggunaan kimia di dalam pertanian awalnya agar pertanaman jauh lebih cepat dan produksi meningkat. Tetapi penggunaan kimia lama-kelamaan sudah melenceng dari batas yang ditentukan. Ini sangat berpengaruh kepada hasil dan lingkungan.

Terutama tanah dan udara, menjadi rusak akibat penggunaan bahan kimia diambang batas. Produknya pun sulit untuk menembus pasar ekspor karena kunci utama ekspor adalah produk yang sehat. Dengan demikian, pertanian organik mulai digalakkan kembali. Selain untuk menembus pasar ekspor, pertanian organik dapat menyelamatkan lingkungan alam.

Berdasarkan keterangan dari Sinas Pertanian Kabupaten/Kota Sukabumi, ada lima kelebihan pertanian organik, yakni: sehat, menjaga tanah, kualitas air terjaga, udara jauh lebih baik, dan limbahnya dapat didaur ulang.

Sehat. Dengan bertanam organik, lingkungan menjadi sehat dan aman bagi petani. Tidak hanya itu, produknya pun memiliki kandungan vitamin dan mineral yang jauh lebih tinggi dibandingkan yang non organik.

Tanah terjaga. Terjadi peningkatan kesuburan tanah yang tidak menggunakan kimiawi karena unsur hara yang terdapat di dalamnya hidup dan berkembang. Dengan unsur hara yang baik, tentu akan membuat tanaman jauh lebih subur.

Kualitas air terjaga. Bahan kimia ini tidak mudah terserap oleh air. Ketika air hujan turun, dia akan turun ke aliran sungai, sehingga mencemarinya. Makanya dengan menggunakan cara organik, kualitas air dapat terjaga.

Udara jauh lebih baik. Dengan pertanian organik dapat meminimalisir emisi gas karbon karena dapat menampung karbon dioksida di dalam tanah. Jelas udara pun jauh lebih besih dan sehat.

Dapat didaur ulang. Limbah dari pertanian organik, dapat didaur ulang. Misalnya saja seperti jerami, dapat dimanfaatkan sebagai kompos atau hasil pembuangan kotoran hewan ternak dapat dijadikan pupuk kandang. Sehingga mengehemat penggunaan pupuk.

Inilah beberapa manfaat dari penerapan pertanian organik. Yuk, tunggu apalagi, mari mulai mengembangkan pertanian organik. 

Reporter : Clara
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018