Sunday, 29 November 2020


Pesona Paspa, Branding Baru Pelayanan Publik BB Pascapanen

20 Nov 2020, 14:26 WIBEditor : Gesha

Kepala BB Pascapanen Pertanian, Prayudi Syamsuri | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Pelayanan publik baik menjadi bentuk diseminasi Litbang yang tepat bagi masyarakat. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen (BB Pascapanen) melakukan branding pelayanan dengan moto Pesona Paspa.

"Inovasi inovasi di BB Pascapanen tentunya ditunggu masyarakat dan publik dan sesuai arahan semua hasil Litbang bernilai jika bisa diadopsi masyarakat. Dan jembatannya melalui layanan publik ini," ungkap Kepala BB Pascapanen Pertanian, Prayudi Syamsuri dalam Public Hearing Standar Pelayanan Publik dan Layanan Hasil Litbang Pascapanen Pertanian, Bogor, Jumat (20/11).

Karenanya, BB Pascapanen melakukan reformasi pelayanan publik dengan branding baru dengan motto Pesona Paspa. "Branding layanan pesona paspa dengan memberikan layanan yang lebih baik lagi. Dan menjadi value untuk memperkuat layanan publik," tuturnya.

Adapun Pesona Paspa terdiri dari Proaktif, Empati, Santun, Objektif, Nyaman dan Anti Korupsi.

Pelayanan Proaktif yaitu memberikan layanan dengan tindakan lebih aktif dan lebih dari sekedar mengambil inisiatif. Kemudian pelayanan dilakukan sesuai Empati yaitu memberikan layanan dengan mengerti atau memahami apa yang pelanggan rasakan/alami.

Pelayanan juga dilakukan secara Santun yaitu dengan keramahan, pelayanan juga secara Objektif yaitu pelayanan sesuai dengan ketentuan berlaku. 

Pelayanan dilakukan dengan memberikan rasa Nyaman kepada pengguna jasa, namun tetap tidak menerima apapun yang tidak sesuai etika dan peraturan yang berlaku dalam pelayanan publik atau sikap Anti Korupsi.

Ada 9 ruang lingkup layanan publik dalam BB Pascapanen yaitu Kerjasama/Kemitraan, Inkubator Bisnis, Uji Analisa Laboratorium, Bimtek/Pelatihan, Magang/PKL, Karya Wisata/Studi Banding, Jurnal Teknologi Pascapanen Pertanian, Informasi dan Konsultasi Inovasi Teknologi Pascapanen Pertanian dan Perpustakaan.

Online dan Tatap Muka

Sejalan dengan Pesona Paspa, BB Pascapanen juga akan meningkatkan pelayanan publik melalui online sebagai blue print layanan 5 tahun ke depan.

"Lebih mudah dan aman untuk diakses seluruh insan pertanian mengenai layanan publik dari BB Pascapanen," tambah Prayudi.

Tak hanya pelayanan secara online, ke depannya BB Pascapanen pun tetap melayani pengguna jasa yang datang langsung ke kantor BB Pascapanen (tatap muka).

"Kita tengah siapkan Pesona Paspa Terrace, layanan temu muka yang difasilitasi BB Pascapanen selama ini terpisah-pisah, menjadi satu ruang terbuka yang memberikan fasilitas layanan publik lengkap perpustakaan laboratorium dan konsultasi," bebernya.

Antara pelayanan online dan tatap muka terintegrasi dalam branding pelayanan publik Pesona Paspa. Sehingga inovasi Litbang Pascapanen bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat pertanian. 

Reporter : Nattasya
Sumber : BB Pascapanen
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018