Sunday, 29 November 2020


Branding Pelayanan Publik, BB Pascapanen Lakukan Public Hearing

20 Nov 2020, 15:22 WIBEditor : Gesha

Public hearing Pelayanan Publik BB Pascapanen | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Meningkatkan pelayanan publik dalam kelitbangan pertanian, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian melakukan Public Hearing terkait branding pelayanan publik.

"Sebagai sebuah institusi di Litbang pertanian, BB Pascapanen sudah seharusnya memiliki pelayanan publik yang terstandar. Sesuai Permentan 78/2012 dan Permentan 30/2017 tentang pelayanan publik," ungkap Kepala BB Pascapanen Pertanian, Prayudi Syamsuri, Jumat (20/11).

Karenanya, BB Pascapanen melakukan Public Hearing Standar Pelayanan Publik dan Layanan Hasil Litbang Pascapanen Pertanian kepada stakeholder terkait, mulai dari Ombudsman, UPT Balitbangtan, BPPSDMP hingga masyarakat luas.

Diakui oleh Prayudi, pelayanan publik harus terus ditingkatkan dan fleksibel sesuai dengan tuntutan pelanggan. "Kegiatan masyarakat mendapatkan informasi termasuk BB Pascapanen terutama saat pandemi COVID 19 sehingga layanan publik tidak mengalami hambatan," harapnya.

Struktur dalam pelayanan publik juga harus diperhatikan agar luwes dan berorientasi layanan publik.

"Peningkatan kualitas dan goodwill untuk frontliner terkait pelayanan publik harus menjadi catatan penting, terutama untuk pelayanan tatap muka. Untuk pelayanan secara online, harus diperhatikan waktu tunggu dari pengguna jasa untuk BB Pascapanen mampu beberikan solusi," saran Dadan Suharmawijaya dari Ombudsman Indonesia.

Kepala Bidang Kerja Sama dan Pemanfaatan Hasil Penelitian (KSPHP) BB Pascapanen, Lina Marlina menjelaskan branding pelayanan publik dilakukan BB Pascapanen dengan motto Pesona Paspa.

"Pesona Paspa terdiri dari Proaktif, Empati, Santun, Objektif, Nyaman dan Anti Korupsi," bebernya.

Menariknya, BB Pascapanen sendiri melakukan perbaikan pelayanan tak hanya tatap muka tetapi juga pelayanan secara online. "Layanan online kita ada Layan-I Paspa, layanan inovasi Pascapanen Pertanian untuk masyarakat dan Simpel Tenan, sistem informasi pengelolaan terpadu pascapanen pertanian untuk stakeholder," jelas Lina

Adapun jenis pelayanan pada Layan-I Paspa terdiri dari Layanan Studi Banding/Karyawisata, Konsultasi, Bimtek, Magang, PKL, dan Inkubasi.

Dalam LAYAN-I PASPA, calon pengguna juga dapat melakukan pendaftaran http://panen.beringin.id/pasca/ dan dengan mengisi form yang berisi jenis dan waktu layanan yang dipilih, serta identifikasi penggunan layanan.

“Dengan aplikasi ini pendaftar akan segera mendapatkan kepastian  terkait penyelenggaraan layanan seperti waktu, ruangan dan narasumber,” ujarnya.

Sedangkan pelayanan publik secara tata muka, BB Pascapanen akan mengembangkan Pesona Paspa Terrace menjadi satu ruang terbuka yang memberikan fasilitas layanan publik lengkap perpustakaan laboratorium dan konsultasi.

Reporter : Nattasya
Sumber : BB Pascapanen
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018