Saturday, 23 January 2021


Tingkatkan Hasil Cabai, Urban Farming Jakarta Beralih ke Teknologi Proliga

20 Dec 2020, 09:14 WIBEditor : Gesha

Bimtek Proliga di BPP Kembangan Jakarta Barat | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Lahan yang terbatas di ibukota tidak menyurutkan semangat warganya untuk bertani cabai yang berpotensi besar meningkatkan pendapatan dan memenuhi permintaan pasar. Kini melalui paket teknologi Produksi Lipat Ganda (Proliga) dari Kementerian Pertanian, petani urban farming di Ibukota semakin yakin bertanam cabai.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) di provinsi-provinsi terus giat mensosialisasikan Bimbingan Teknis (Bimtek) Cabai Proliga di berbagai daerah, tidak terkecuali di Jakarta, untuk mendongkrak minat urban farming di Ibukota. 

Seperti kolaborasi dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menyelenggarakan Bimtek khusus Cabai “Proliga” di BPP Kembangan, Jakarta Barat dan BPP Cibubur, Jakarta Timur pada Jumat (11/12).

Bimtek diikuti oleh kelompoktani penerima bantuan cabai, PJLP lingkup BPP Kembangan serta Penyuluh Sudin KPKP Jakarta Barat. 

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas pemberian bantuan benih dari Direktorat Jenderal Hortikultura dan pendampingan teknologi oleh BPTP Jakarta. Kepada petani kami harapkan untuk melaksanakan budidaya cabai dengan teknologi Proliga sesuai apa yang telah disampaikan dalam pelatihan agar produksi meningkat. Disamping itu, penggiat pertanian perkotaan wilayah Jakarta Barat juga memerlukan pendampingan teknologi nutrisi hidroponik,” kata Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Barat, Iwan Indriyanto dalam sambutannya

Kepala BPTP Jakarta Dr. Ir. A Arivin Rivaie, M,Sc menyampaikan bahwa bimtek seperti ini penting dilakukan sebagai ajang tukar menukar ilmu dan pengalaman, sehingga bisa kita peroleh hasil yang lebih baik lagi. 

“BPTP Jakarta siap mendukung pengembangan pertanian perkotaan di Jakarta Barat melalui pendampingan teknologi nutrisi hidroponik,” tambah Arivin.

Materi pelatihan disampaikan oleh peneliti BPTP Jakarta, Ikrarwati, M.Si. Paket teknologi Budidaya Cabai Merah Berbasis Inovasi Teknologi Proliga (Produksi Lipat Ganda) mengutamakan pelaksanaan pada beberapa faktor budidaya cabai, yakni penggunaan varietas unggul, persemaian sehat, peningkatan populasi tanaman, pengelolaan tanah, hara, dan air, serta penerapan pengendalian hama terpadu (PHT).

Kepadatan Populasi Cabai

Selain Jakarta Barat, Bimtek Proliga Cabai ini juga dilakukan di BPP Cibubur, Jakarta Timur. Dipilihnya Jakarta Timur sebagai titik bimtek karena masih banyak terdapat lahan potensial untuk budidaya cabai. 

Bimtek tersebut dihadiri perwakilan kelompok tani dari Kelurahan Cipayung, Bambu Apus, Ceger, Munjul, Lubang Buaya, Pinang Ranti, serta penyuluh pertanian yang antusias dengan teknolog Proliga ini.

“Kegiatan Bimtek ini diharapkan dapat menjadi stimulus bagi pengembangan komoditas cabai di Jakarta Timur khususnya di Cibubur dan sekitarnya. Cabai merupakan salah satu komoditas yang selalu mendapat permintaan tinggi dari pasar,” kata Agus Rochimat, Kasie Ketahanan Pangan dan Pertanian mewakili Dinas KPKP DKI Jakarta.

Nofi Anisatun Rokhmah, M.Si yang merupakan narasumber pada acara bimtek ini menjelaskan secara detail proses produksi cabai agar daya hasilnya berlipat ganda, mulai dari pemilihan varietas unggul, persiapan penyemaian, pengolahan lahan, teknik pemangkasan (pinching), dan fokus utama teknik PROLIGA yaitu dengan peningkatan kepadatan populasi.

Peningkatan kepadatan populasi berupa pengaturan posisi lubang tanam yang sesuai akan membantu tanaman cabai tumbuh dengan baik karena intensitas cahaya dan serapan hara yang dilakukan tanaman akan optimal.

Selain itu juga dijelaskan terkait teknik pemupukan yang baik dan benar, modifikasi lahan agar semaikin subur serta pengendalian OPT yang menerapkan konsep pertanian berkelanjutan.

Pada bimtek ini juga dilakukan penyerahan bantuan benih cabai dari Ditjen Hortikultura pada perwakilan kelompok tani yang hadir. Benih bantuan tersebut diharapkan mampu menambah semangat petani cabai untuk terus berproduksi dan mengembangkan cabai di wilayah Jakarta Timur.

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018