Saturday, 23 January 2021


Peduli Tanaman Lokal, BPTP Daftarkan 14 Varietas Lokal di PPVTP

01 Jan 2021, 19:31 WIBEditor : Gesha

Contoh Varietas Lokal Gorontalo | Sumber Foto:BPTP Gorontalo

TABLOIDSINARTANI.COM, Gorontalo --- Dari telaah biogeografi, posisi Gorontalo yang terletak di Pulau Sulawesi yang telah terpisah dari kontinen Asia dan Australia, memungkinkan ditemukannya banyak jenis Sumberdaya Genetik endemik. Hasil jelajah Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo, akan ada 14 aksesi lokal yang dalam proses pendaftaran Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTP).

Provinsi Gorontalo memiliki agropedoklimat yang beragam yang mendukung terbentuknya keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna. Keragaman wilayah, topografi, tanah, ketersediaan air telah membentuk plasma nutfah yang beradaptasi pada lingkungan setempat atau spesifik lokasi dan ditunjang pula dengan budaya masyarakat yang beragam dalam memanfaatkan sumber daya genetik untuk memenuhi kebutuhan akan pangan, sandang, papan, obat-obatan dan spiritual.

Sebagai bentuk perlindungan terhadap tanaman lokal, BPTP Gorontalo bersama dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango pada tahun 2020 telah mendaftarkan 14 aksesi lokal ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTP). Pendaftaran varietas lokal dilakukan untuk melestarikan sumberdaya genetik khususnya tanaman serta memperjelas hubungan hukum antara varietas dengan pemilik atau penggunanya. Hal ini diatur dalam Permentan No. 01 Tahun 2006 Tentang Penamaan dan Tatacara Pendaftaran Varietas Tanaman.

Keempat belas aksesi tersebut adalah Lambi Lo Butota, Lambi Lo Yakis, Lambi Lo Kapali, Lambi Lo Abati, Lambi Lo Luhuto, Bongo Hulawa, Patodu Butota dan Atetela Mohiyolo serta Atetela Tinta HP, Atetela Ungu HP, Atetela Moputi Pinogu, Bongolihuwati, Durian Lemonji, dan Sambiki Butulu yang ditandai dengan dengan Sertifikat Tanda Daftar Varietas Tanaman.

Kepala BPTP Gorontalo, Dr Amin Nur, SP, M.Si berpesan agar semua ikut menjaga, melindungi dan melestarikan keragaman sumber daya genetik agar tidak tergerus dan tersingkirkan oleh varietas unggul nasional. Disamping itu sumber daya genetik lokal dapat dijadikan sebagai sumber plasma nutfah (bank gen) sebagai bahan utama perakitan varietas unggul baru dalam program pemuliaan tanaman, olehnya itu SDG lokal perlu dijaga, dilestarikan, dilindungi dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Sebagaimana diketahui, setiap BPTP berperan dalam membantu pemerintah daerah (provinsi/kabupaten/kota) untuk pendaftaran varietas lokal dari masing-masing lokasi melalui kegiatan karakterisasi yang dilakukan 33 BPTP. BBP2TP berperan dalam mengkoordinasikan kegiatan kerjasama tersebut.  Kegiatan pengelolaan SDG tanaman spesifik lokasi yang dilaksanakan oleh seluruh BPTP-Balitbangtan mencakup kegiatan koleksi, konservasi, karakterisasi, evaluasi dan dokumentasi.

Kedepannya, diharapkan aksesi yang telah didaftarkan dan memiliki keunggulan serta bernilai ekonomi tinggi akan dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat dan menjadi bahan utama dalam pemuliaan tanaman guna mendorong pertumbuhan industri perbenihan.

 

 

Reporter : Kontributor
Sumber : BPTP
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018