Saturday, 06 March 2021


Kolaborasi Riset PT Pupuk Indonesia untuk Tingkatkan Kualitas Pupuk

05 Feb 2021, 17:44 WIBEditor : Gesha

PT Pupuk Indonesia (Persero) menjadikan riset sebagai ujung tombak | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- PT Pupuk Indonesia (Persero) berkomitmen untuk terus memperkuat peranan Research and Development. Salah satu upaya yang dilakukan yakni meningkatkan kolaborasi dengan sejumlah lembaga pendidikan dan lembaga riset.

Direktur PT Pupuk Indonesia (Persero), Achmad Bakir Pasaman mengakui PT Pupuk Indonesia (Persero) saat ini tengah bertransformasi dari perusahaan yang semula berorientasi pada production centric menjadi customer centric, dari yang semula hanya memproduksi pupuk standar menjadi produk inovatif yang mengarah pada nutrisi tanaman, solusi agri dan layanan. 

Karena itu, pihaknya menekankan peran penting riset dan pengembangan ke depan akan semakin besar dalam rangka mendukung transformasi bisnis. Bahkan, sebagai langkah nyata, PT Pupuk Indonesia (Persero) kini tengah mendirikan pusat riset yang diberi nama Indonesia Fertilizer Research Institute (IFRI). Disamping itu, saat ini Perusahaan juga tengah mengembangkan sejumlah program seperti Agro Solution hingga Digital & Precision Farming.

Dengan IPB misalnya, PT Pupuk Indonesia mengembangkan Pertanian Presisi melalui PreciPalm atau Precision Agriculture Platform for Oil Palm merupakan teknologi yang menyediakan informasi mengenai kondisi nutrisi unsur makro lahan kelapa sawit secara cepat dan presisi dalam bentuk peta digital lahan, yang diolah dari citra satelit dan model matematis.

"Kami tidak akan melakukan riset sendirian, harus kerjasama dengan univ dan ahli. Bahkan jika risetnya sudah ada dan membutuhkan scale up, disitulah kami membiayainya dan menjadi produk bersama. Contoh yang sudah dilakukan adalah Pupuk Biotara hasil riset dari Balitbang Pertanian yang digunakan khusus pada lahan rawa," tuturnya.

Guna mendorong inovasi, PT Pupuk Indonesia (Persero) juga secara rutin menggelar Innovation Day untuk memperkuat riset dan litbang di lingkungan perusahaan. Sekaligus menjadi wadah sharing knowledge dari inovasi yang dihasilkan untuk menjadi solusi dari permasalahan pembangunan pertanian yang dihadapi.

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018