Friday, 16 April 2021


500 Petani Dapatkan Bintek Inovasi Terbaru dari BPTP Sumut

23 Mar 2021, 12:37 WIBEditor : Ahmad Soim

Bintek petani di Sumut | Sumber Foto:SE Gultom

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Sumut – Sebanyak 500 orang petani mendapatkan bimbingan teknis teknologi baru dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumut. Jenis teknologinya disesuaikan dengan kebutuhan petani setempat

Kepala BPTP Balitbangtan Sumatera Utara Dr Khadijah El Ramija SPi,MP melaksanakan Bimtek  Peningkatan Kapasitas Petani untuk Penderasan Inovasi Teknologi Balitbangtan pada masa Pandemi untuk 5 Kabupaten. Dengan total peserta sebanyak 500 orang petani, atau setiap kabupaten sebanyak 100 orang petani.

Materi yang disampaikan dari BPTP tergantung dari kebutuhan daerah sesuai kondisinya,  di antarannya di kaputen Serdang Bedagai  materi adalah  pola pertanaman IP 400, budidaya tanaman porang, teknologi pengolahan susu kambing.

BACA JUGA:

Kegiatan Bimtek yang sudah dilakukan di Kabupaten Langkat,  Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai, dan  Kabupaten Batu Bara.  Bimtek di Kabupaten Dairi akan dilaksanakan pada 25 Maret 2021 di Aula Dinas Pertanian.

 Kepala BPTP Balitbangtan Sumatera Utara mengatakan Penderasan Inovasi Teknologi Balitbangtan bagi petani merupkan hal yang sangat penting karena petani  tidak pernah berhenti berproduksi pada masa pandemic sektor pertanian. Petani dan pertanian adalah penopang pendapatan  negara sebesar  16,42 persen.

Diharapkan peningkatan kapasitas petani ini dapat berjalan di setiap kabupaten yang ada di Sumetara utara.

pada setiap kegiatan yang telah dilaksanakan dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian, sekretaris, Kabid penyuluhan  serta penyuluh BPTP serta peneliti BPTP.

Plt Kepala Dinas Pertanian  Dedy Iskandar SP, MM   meminta agar para petani dapat dan mampu menerapkan   inovasi Balitbangtan dengan baik .

==

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/

 

 

Reporter : RE Gultom
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018