Sunday, 11 April 2021


Mekanisasi Alsintan Makin Modern, Tinggal Buka Smartphone

26 Mar 2021, 20:58 WIBEditor : Gesha

Mengoperasionalkan drone sprayer | Sumber Foto:Nattasya

TABLOIDSINARTANI.COM, Tangerang --- Mekanisasi dengan alat dan mesin pertanian sekarang semakin asyik. Hanya dengan pencet tombol, buka smartphone, Milenial bisa memantau bahkan mengolah lahan pertanian. Menarik ya! 

"Kita tengah mengembangkan robot tanam dan kebun sedap malam yang semuanya terhubung dengan teknologi. Bahkan kita sedang mengembangkan penggunaan aplikasi untuk membuka dan menutup pintu irigasi," kata Koordinator Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian dan Rekayasa Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian, Harsono MP saat Tani On Stage (TOS) di Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan), Jumat (26/3).

Selain itu, ada smart greenhouse yang digunakan untuk budidaya hortikultura dengan system hidroponik dalam greenhouse terkontrol dengan tujuan produktivitas optimal. Keunggulan teknologi adalah dapat dikendalikan secara otomatis berdasarkan sensor dan berbasis android.

Serupa dengan smart greenhouse, BBP Mektan juga memiliki smart irigation system , berupa pengairan hemat air irigasi dan nutrisi, dengan cara mengairi zona sekitar perakaran tanaman dengan sistem perakaran  tanaman dan sistem irigasi tetes permukaan  (sub surface drip irrigation-SDI).

Begitu pula drone sprayer maupun drone tebar benih bisa dilakukan oleh operator Milenial dari smartphone mereka. Kemudian ada autonomous traktor yaitu traktor tanpa awak yang bisa mengolah lahan pertanian dari genggaman tangan saja.

Beragam mekanisasi alsintan hi-tech (high technologi) ini dipersiapkan untuk Milenial tertarik pada pertanian. Sekaligus menjadi upaya regenerasi petani.

Pengawas Alat Mesin Pertanian Madya dan Koordinator Kelompok Pendaftaran Pengawasan Peredaranan Alsintan, Sri Hantoro SP, mengatakan bahwa mekanisasi perlu diterapkan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya penyusutan jumlah petani desa yang beralih profesi menjadi pekerja kota.

"Kita ingin anak muda terjun bertani dengan menggunakan mekanisasi. Kami selalu sampaikan bahwa sektor pertanian sudah melangkah lebih jauh dengan berbagai alat canggih," katanya.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri mengatakan bahwa sektor pertanian terus mengalami perkembangan modern dengan memasifkan pemanfaatan teknologi mekanisasi secara merata di seluruh pelosok Indonesia.

Sektor pertanian harus menjadi perhatian bersama mengingat pertanian adalah masa depan bangsa dalam mewujudkan kedaulatan.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018