Sunday, 09 May 2021


RiTx Bertani, Teknologi Canggih 4.0 Bantu Petani Optimalkan Hulu Hingga Hilir

21 Apr 2021, 16:46 WIBEditor : Gesha

Ritx Bertani | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Teknologi pertanian 4.0 semakin massif disosialisasikan untuk efektivitas dan efiesiensi proses bertani di negara agraris ini. Perubahan iklim menjadi salah satu factor penentu keberhasilan pertanian, namun sulit diprediksi tanpa dukungan teknologi.

Pertanian Presisi (precision agriculture) sedang menjadi topik hangat bagi para penggiat pertanian. Sejumlah pihak telah berhasil mengembangkan peralatan canggih, salah satunya adalah PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), pengembang Teknologi Smart Farming 4.0 yang dikelola oleh kaum muda.

“Permasalahan perubahan iklim yang sering dialami petani, misalnya belum saatnya hujan tapi sudah turun hujan, dan ini juga terkait dengan masalah ledakan serangan hama atau penyakit. Permasalahan lainnya yaitu menggunakan pupuk yang tepat dengan jumlah yang tepat. Kami mengembangkan teknologi untuk pemupukan yang lebih presisi, yaitu RiTx Bertani ,” kata Ignatius Putra Andika – Expert System PT MSMB dalam Focus Discussion Group (FGD) bertema “Rasionalisasi Aplikasi Pupuk Dengan Teknologi Ramah Lingkungan dan 4.0” yang diselenggarakan oleh Sinar Tani pada Rabu (21/4).

RiTx Bertani adalah aplikasi android berbasis teknologi pertanian yang membantu pencatatan kegiatan pertanian dan memilih kegiatan pertanian tergantung kondisi, kebutuhan tanaman, dan lingkungan.

Aplikasi ini terkoneksi sensor dengan proses sensor mengambil data dari lahan, kemudian data masuk ke database, setelah itu data ditampilkan ke dalam aplikasi.

Fitur RiTx pun sudah lengkap untuk kebutuhan petani dari hulu hingga ke hilir, yaitu fitur pemupukan, monitoring lahan, informasi lahan, juga fitur hama dan penyakit. Kelengkapan fitur lainnya yaitu commodity, prediksi panen, harga pangan, baca artikel, forum, dan RiTx poin.

“Cara kerja salah satu fitur misalnya fitur pemupukan, maka akan ditunjukkan jumlah pupuk, jenis, dan waktu aplikasi pupuk. Ada juga informasi tentang pH tanah dan suhu tanah yang tentunya sangat bermanfaat untuk petani. Kami kombinasikan teknologi sains ini dengan kearifan local, sebab petani umumnya adalah profesi yang sudah berlangsung turun-temurun, dan mereka sudah punya cara kerja sendiri. Bila ada teknologi baru justru banyak petani yang masih bertanya-tanya apakah akan berhasil,” tuturnya.

Saat ini MSMB sudah mengimplementasikan teknologinya sebanyak 118 sensor di seluruh Indonesia dan lebih dari 12.108 orang petani telah terdaftar dalam aplikasi RiTx ini. MSMB juga berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi bidang teknologi Smart Farming 4.0 dari dalam dan luar negeri.

 

 

 

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018