Sunday, 09 May 2021


Manfaatkan Aplikasi RiTx, Pujiono Hemat Pupuk 50 Persen

21 Apr 2021, 20:02 WIBEditor : Yulianto

Aplikasi RiTx Bertani bantu petani dalam berusaha tani | Sumber Foto:Dok. Sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta—Banyak petani yang menggunakan pupuk secara berlebihan. Bahkan hasil penelitian Badan Litbang Pertanian, 25-40 persen petani menggunakan pupuk karena melihat petani lainnya.

Padahal jika petani mengetahui kondisi lahannya, maka penggunaan pupuk tak akan berlebihan. Nah, dengan teknologi yang kian berkembang petani bisa menggunakan aplikasi berbasis android untuk mengetahui kondisi lahannya dan kemudian menyesuaikan penggunaan pupuk.

Pujiono, Ketua Kelompok Tani Karya Bhakti 1 Dusun Pakan Desa Purworejo Kec. Ngantang Kab. Malang, menjadi salah satu petani yang telah menerapkan pemupukan dengan Teknologi Smart Farming 4.0.

Salah satu Aplikasi Digital Farming 4.0 adalah RiTx Bertani, yaitu teknologi berbasis aplikasi yang dapat memudahkan petani mengontrol permasalahan di lahan dan meningkatkan produktivitasnya.

RiTx Bertani terhubung dengan sensor yang dapat memberikan informasi secara langsung. Informasi yang disediakan meliputi pemupukan, hama maupun penyakit, perkiraan cuaca, tips bertani dan forum bertanya secara gratis.

Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari aplikasi teknologi untuk pertanian. Petani dapat mencegah terjadinya ledakan hama dan penyakit dengan menyesuaikan masa tanam.

Selain itu, petani juga dapat menggunakan pupuk dan pestisida secara tepat baik waktu, jumlah maupun konsentrasinya, sehingga dapat meningkatkan produktivitas lahan.

“Semenjak menggunakan RiTX Bertani saya mendapatkan informasi tentang nutrisi di lahan saya. Saya jadi bisa menghemat penggunaan pupuk sampai 50%. Saya jadi lebih untung dan meningkatkan produktivitas,” kata Pujiono.

Selain itu juga, Pujiono mengaku bisa mendapatkan informasi mengenai arah angin dan prediksi cuaca untuk keesokan harinya. Jadi, saya bisa mempersiapkan langkah selanjutnya yang harus saya ambil,” katanya.

Pujiono mengaku telah merasakan manfaatnya. Semenjak bergabung Juni 2019, dirinya aktif memperbarui aktivitasnya diaplikasi RiTx Bertani sampai hari ini. Ia juga mengakui,  aplikasi RiTx Bertani sangat membantu mengontrol lahannya setiap saat. Tak hanya itu, ia juga mampu meningkatkan produktivitas dari aplikasi rekomendasi dari aplikasi RiTx Bertani.

Tidak hanya itu, aplikasi RiTx Bertani mampu memberikan solusi terbaik yang dapat diterapkan petani untuk menunjang kegiatan dan meningkatkan produktivitas. Kegiatan pertanian yang dilakukan pun menjadi lebih presisi dan menguntungkan. 

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018