Sunday, 26 June 2022


Mesin Tetas "Rumah Ternak Kita" Buatan Dua Gadis Kakak Beradik

14 Jun 2021, 07:49 WIBEditor : Ahmad Soim

Mesin tetas buatan Linda dan Dinda | Sumber Foto:RE Gultom

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Serdang Bedagai -- Linda dan Dinda kakak beradik remaja putri lulusan  SMU Negeri I  Pegajahan Serdang  Bedagai pada tahun 2019 membuat mesin tetas semi dan otomatif dengan merk “Rumah Ternak Kita”.

Selesai pendidikan Linda dan Dinda mencoba mencari informasi membuat mesin tetas ayam. Mereka tertarik membuat mesin tetas sejak dari bangku sekolah dan akhirnya tahun 2020 memutuskan  mencoba membuat mesin tetas. Dilakukanlah ujicoba beberapa kali mesin tetas dengan menggunakan listrik dengan stabilator.

Hasilnya, telur yang menetas 90 sampai 100 persen. Dengan dukungan orang tuanya Totok Suwito, anggota Kelompok Tani Nusa Indah, Gapoktan Melati Jaya dengan PPL Bungaria Sihaloho SP mesin tetas ini diproduksi.

Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian  pun berkunjung dan memberikan pembinaan di rumah Linda dan Dinda di Dusun Pasar  VI gang Cempedak Desa Melati II.

BACA JUGA:

 Mesin tetas otamatis sederhana buatan Linda dan Dinda ini  mulai banyak permintaan dari berbagai daerah seperti Prov Aceh, Pekan Baru, Medan, Deli Serdang, Kisaran serta kabupaten/kota lainnya.

 Linda dan Dinda mengatakan pemasaran mesin tetasnya di antaranya  melalui  penyuluh Dinas Pertanian  dan media social.

Seorang pembeli dari Pematang Siantar Dr Harmaini Sitorus dia belanja  2 Unit mesin tetas ini dengan Rp 1.400.000 mengambil di tempat Linda. Sitorus mengatakan mesin tetasnya digunakan untuk menetaskan telur itik karena ada 500 ekor itik yang dipeliharanya.

Kapasitas dan harga jual mesin tetas buatan Linda dan Dinda ini bervariasi. Kapasitasnya mulai untuk menetaskan telur 50 butir hingga untuk 500 butir. Untuk mesin tetas dengan kapasitas 50 butir telur harganya Rp 450 000/unit. Untuk yang  berkapasitas 500 butir telur harganya Rp. 2 000 000/unit. Sedangkan untuk mesin tetas full otomatis dengan kapasitas 50 butir telur harganya Rp 750.000/unit dan  yang kapasitasnya 500 butir telur harganya Rp 3,2juta/unit.

=== 

 

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

Reporter : RE Gultom
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018