Jumat, 02 Desember 2022


Pelajari Klimatologi, Mahasiswa UNSAM Praktik Lapangan di BMKG Aceh

27 Jun 2022, 09:16 WIBEditor : Gesha

Praktik Klimatologi Mahasiswa UNSAM | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Langsa -- Sejumlah mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Samudera (Unsam) Langsa melakukan praktikum mata kuliah klimatologi di Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Indra Puri, Aceh Besar beberapa waktu lalu. 

"Kegiatan praktikum ini sangat penting agar mahasiswa bisa mempelajari secara langsung tentang cuaca dan iklim. Selain itu dapat menambah ilmu dan wawasannya terkait klimatologi sehingga bermanfaat bagi petani dalam kegiatan budidaya pertanian," beber 

Hal tersebut disampaikan Wakil Dekan 1 FP Unsam, Dr Iswahyudi MSc didampingi Kaprodi Agroteknologi yang juga dosen pengampu mata kuliah Boy Riza Juanda, SP, MP dan dosen Agroklimatogi Ainul Mardiyah, SP, MP serta dosen Pengampu Klimatologi Suprestiwendy, SP, MSi. 

Dikatakannya, peranan iklim dalam dunia pertanian sangat berpengaruh terhadap produktifitas dan  produksi sektor pertanian. Apalagi ketika berhadapan dengan kondisi iklim ekstrim bisa menyebabkan kegagalan panen.

"Dengan adanya praktek iklim bagi mahasiswa diharapkan mampu dan mengetahui kondisi cuaca yang baik untuk bercocok tanam," ujarnya.

Iswahyudi yang juga alumni IPB University, Bogor menerangkan kegiatan ini merupakan implementasi dari butir MoU yang telah disepakati bersama.

Sementara Sutarni.SP.,M.Si, Ketua kelompok observasi dan instrumentasi mewakili Kepala BMKG Aceh Wahyudin dalam sambutannya memberikan apresiasi dan respon positif kepada FP Unsam yang telah menempatkan mahasiswanya untuk praktik.

Sutarni menyebutkan, pihaknya selama ini sangat terbuka dalam hal transfer teknologi tentang iklim. Pasalnya, perubahan iklim menjadi masalah global dan berdampak pada peningkatan penyakit dan produksi tanaman. Tak hanya itu, penelitian mengenai perubahan iklim kian marak dilakukan di seluruh dunia untuk menemukan solusi inovatif mencegah dampak negatif akibat perubahan iklim.

Peran mahasiswa di lapangan nanti lanjutnya, bisa menjadi agen perubahan agar petani tidak merugi. "Bahkan kita terus mensosialisasikan melalui sekolah lapang iklim baik kepada petani maupun milenial," pungkasnya.

Reporter : AbdA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018