Monday, 08 August 2022


Pj. Bupati Aceh Timur: Jadikan Hasil Riset Sebagai Akselerasi Pembangunan

25 Jul 2022, 14:16 WIBEditor : Gesha

Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) menyelenggarakan Diseminasi Hasil-hasil Penelitian yang berlangsung di Aula Serbaguna, Komplek Pendopo Aceh Timur | Sumber Foto:Humas Bappeda

TABLOIDSINARTANI.COM, Aceh Timur --- Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) menyelenggarakan Diseminasi Hasil-hasil Penelitian yang berlangsung di Aula Serbaguna, Komplek Pendopo Aceh Timur. 

Hasil riset memegang peran penting sebagai salah satu acuan dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi untuk mempercepat pembangunan nasional.

Untuk mencapai manfaat yang optimal maka diperlukan inovasi dan terobosan baru bagi pembangunan yang bernilai tambah (added value). Perencanaan berbasis nilai tambah ini yang secara langsung akan memengaruhi skema pembiayaan dan kerja sama pembangunan.

Sehubungan dengan hal tersebut, tak pelak Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) menyelenggarakan Diseminasi Hasil-hasil Penelitian yang berlangsung di Aula Serbaguna, Komplek Pendopo Aceh Timur (21/7).

Kegiatan yang mengusung tema tentang hasil penelitian sektor Perikanan, Pertanian dan Peternakan itu disampaikan melalui 3 pemateri yang merupakan hasil penelitian Penerapan feed technology dan upgrade skill peternak untuk peningkatan produk Peternakan oleh Dr. Ir. Rini Mastuti, MP. Sedangkan Dr. Ir. Derita Julianto, M.Si, memaparkan hasil Kajian morfometrik dan genetika ikan Belanak (Mugilidae) di Perairan Pesisir Utara, Aceh. Selanjutnya presentasi Identifikasi klaster komoditi unggulan perkebunan Kabupaten Simeulue dipaparkan oleh Sri Handayani, SP, M.Si.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati Aceh Timur, Ir. Mahyuddin, M.Si. Dalam sambutannya Pj. Bupati mengungkapkan pentingnya pemanfaatan hasil penelitian dalam akselerasi pembangunan. “Sudah saatnya kita meninggalkan pola - pola lama dalam perencanaan program pembangunan, awali dengan riset agar mendapat kepastian hasil yang ingin dicapai,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Aceh yang diwakili Kabid. Litbang, Dr. Ir. Ema Alemina, MP menyebutkan untuk kelancaran dan terwujudnya kegitan riset perlu berkolaborasi dengan mitra. “Pasalnya, pelaksanaan diseminasi ini menjadi konsumsi semua pihak agar dapat bersinergi dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi Aceh menjadi lebih baik,” harapnya.

Sub Koordinator Inovasi Daerah Bappeda Aceh, Nanda Yuniza, ST, MT selaku panitia melaporkan acara tersebut dihadiri unsur SKPA terkait, Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe, Bappeda seluruh kabupaten/kota, SKPK terkait, akademisi dari Perguruan Tinggi serta beberapa perusahaan yang beraktifitas di wilayah Aceh Timur, seperti PTPN 1 Langsa, PT. Bumi Flora, PT. Medco E/P Malaka juga para camat di 24 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Timur.

Menurutnya, peserta sangat antusias dan serius mengikuti dan memanfaatkan momen kegiatan ini sebagai sarana bertukar informasi dan komunikasi dalam proses transfer knowledge.

"Termasuk dengan kehadiran salah satu perwakilan kelompok ternak “Mawah Farm” yang saat ini sedang membangun kemitraan dengan akademisi untuk pengembangan budidaya dan teknologi pakan ternak di Kabupaten Aceh Timur," imbuhnya.

Reporter : AbdA
Sumber : Humas Bappeda Aceh
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018