Sabtu, 01 Oktober 2022


Semarak HUT RI, BBPP Ketindan Tanam Serentak 80 Bibit Pohon  

16 Agu 2022, 15:10 WIBEditor : Yulianto

Semarak HUT RI, penanaman pohon di lahan BBPP Ketindan | Sumber Foto:Yeniarta

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang---Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, salah satu Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) menggelar penanaman 80 bibit pohon multipurpose  hortikultura dan perkebunan dari 17 jenis tanaman.

Kepala BBPP Ketindan, Sumardi Noor berharap, penanaman bibit pohon multipurpose hortikultura dan perkebunan di  BBPP Ketindan akan terjadi penambahan koleksi varietas tanaman hortikultura dan komoditas perkebunan yang dapat dikembangkan dan dibudidayakan menjadi produk produk unggulan hasil pertanian.

Sebanyak 80 batang bibit pohon dari 17 jenis tanaman, ditanam di lahan BBPP Ketindan. Seperti kelapa gading, buah naga, petai, mangga, jeruk, sawo, durian, nangka, alpukat, jambu kristal, belimbing, pisang, rambutan, kelor, kelengkeng merah, anggur Brazil dan tanaman obat temulawak.

“Kita harapan semua tanaman ini bisa dirawat dengan baik agar tumbuh subur dan memberi manfaat. Tentunya memelihara kelestarian sumber daya alam dan lingkungan serta kesuburan tanah,” kata Sumardi Noor dihadapan seluruh pegawai BBPP Ketindan. 

Dunia kini tengah mengalami krisis pangan akibat pandemic Covid-19, dan perubahan iklim yang terjadi di berbagai belahan dunia. Ditambah lagi perang Rusia dan Ukraina. Kondisi tersebut mengakibatkan produksi pangan dunia menurun tajam dan membuat putaran ekonomi masyarakat rendah.

Kementerian Pertanian dalam merespon permasalahan krisis pangan global, telah mengimplementasikan kebijakan diversifikasi pangan, optimalisasi produktivitas, hingga smart farming. Pada tiga tahun terakhir ini tercatat produksi pertanian Indonesia meningkat dan berhasil melewati krisis pangan tersebut.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menekankan agar terus meningkatkan berbagai produksi pertanian dalam negeri,  hingga penguatan cadangan, sistem logistik pangan, dan mengurangi impor produk pertanian seperti gandum.  

Sejalan tema perayaan HUT RI yang ke 77 “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), menginstruksikan kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Kementerian Pertanian agar melakukan tanam serentak bibit pohon multipurpose pada 12 Agustus 2022.

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan sebagai UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) turut melaksanakan penanaman 80 bibit pohon multipurpose hortikultura dan perkebunan.

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi berharap melalui kegiatan ini bisa menanamkan nilai-nilai instrumental revolusi mental yakni etos kerja, gotong royong, dan integritas. Melalui proses menanam, diharapkan nilai integritas yaitu gotong royong, tanggungjawab dan harmoni antara pemikiran dan tindakan tertanam.

“Kegiatan ini tidak hanya selesai sampai disini, selanjutnya pohon-pohon ini tetap harus dirawat dan dipelihara dengan baik,” katanya.

 

Reporter : Yeniarta (BBPP Ketindan)
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018