Selasa, 27 September 2022


Selamatkan Bumi, Yayasan Mapel Aceh Tanam Bibit Mangrove Bersama Polres Aceh Tamiang

29 Agu 2022, 09:13 WIBEditor : Gesha

Pertanaman Mangrove di Aceh Tamiang oleh Yayasan Mapel | Sumber Foto:Abda

TABLOIDSINARTANI.COM, Aceh Tamiang --- Tanaman Mangrove memiliki peranan penting dalam lingkungan, sayangnya banyak kawasan hutan bakau di Indonesia yang beralih fungsi menjadi tambak ikan dan udang atau kawasan pemukiman. Oleh karena itu, Yayasan Masyarakat Peduli Lingkungan (Mapel) Aceh ikut berperan dalam penanaman bibit mangrove bersama Polres Aceh Tamiang.

Kepolisian Daerah Aceh seluruh kabupaten/kota mengadakan penanaman 77 ribu pohon mangrove dengan serantak mengusung tema "Aceh Hijau" dalam Rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun. Acara seremonial penanaman bibit Mangrove ini diselenggarakan pada Selasa (23/8/2022) di kawasan Pantai Pulo Lubuk Rukui Desa Alur Nunang Kecamatan Banda Mulia Aceh Tamiang.

Prosesi penanamannya sendiri dilakukan Bupati Aceh Tamiang, Kapolres, Dandim 0117, Yonif 111/Karma Bhakti, Direktur utama Bank Aceh, Mapel Aceh, para Perwira polres Aceh Tamiang, Ibu Bhayangkari dan perwakilan masyarakat Desa Alur Nunang Kecamatan Banda Mulia.

Chaidir Azhar, Ketua Mapel Aceh didampingi Dewan Pembina Mapel Aceh Syariful Alam menegaskan tanaman bakau atau mangrove penting sebagai upaya menjadi lingkungan dan ekosistem laut.

Dengan adanya tanaman mangrove, maka dapat meminimalisir dampak kerusakan parah dan menahan terjangan ombak di pesisir pantai. "Apalagi ekosistem hutan mangrove telah terbentuk dan memiliki dampak lingkungan cukup penting. Kita harus Selamatkan Bumi Lestarikan Lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali, S.I.K menyabutkan penanaman bibit mangrove ini merupakan program Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar yang berkonsep Aceh Hijau dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI. "Kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh kabupaten/kota di Aceh dengan total tanaman mangrove sebanyak 77 ribu bibit, sesuai dengan HUT Kemerdekaan RI," sebutnya.

Reporter : AbdA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018