Minggu, 14 April 2024


UBBG Sepakat Jalin Kerjasama dengan BRIN

07 Peb 2023, 12:55 WIB

Kerjasama UBBG Aceh dengan BRIN | Sumber Foto:UBBG

TABLOIDSINARTANI.COM, Banda Aceh -- Universitas Bina Bangsa Getsempana (UBBG) Aceh sepakat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk pengembangan riset dan teknologi yang menjadi jantung universitas ini. 

"Keberadaan inovasi dan teknologi saat ini terus saja berkembang dan semakin dinamis. Hasil penelitian tidak cukup hanya sebatas jurnal saja namun juga perlu menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat," ungkap Rektor Universitas Bina Bangsa Getsempana (UBBG) Aceh, Dr Lili Kasmini, S.Si.,MSi saat Focus Group Discussian (FGD) dengan peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di ruang rapat Senat (1/2).

Rektor menambahkan, walau prodi Ilmu Komputer masih balita namun kita juga telah menghasilkan prototipe dron yang bisa membantu petani baik dalam penyemprotan hama maupun pemupukan. "Walupun usianya baru 2 tahun, tapi para dosen dan mahasiswa nya sudah menghasilkan inovasi teknologi berupa dron," bebernya.

Lebih lanjut pihaknya mengajak peneliti BRIN untuk melakukan sosialisasi dan uji coba agar manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh petani."Jadi hasil penelitian tidak harus menghasilkan otuput berupa jurnal saja, tapi perlu invensi untuk diaplikasikan kepada masyarakat," timpalnya.

Pihaknya berharap kerjasama tidak hanya pada sektor pertanian, tapi juga pendidikan dan kesehatan. "Kami juga perlu dukungan dan motivasi untuk menghasilkan prototipe dan asistensi bagi mahasiswa di lapangan," harapnya.

Sementara Dr Ir Basri A. Bakar MSi mewakili peneliti BRIN domisili di Aceh mengapresiasi pihak UBBG yang sangat responsif menggagas kerjasama. "Banyak kegiatan yang bisa dikerjasamakan terutama dalam upaya meningkatkan potensi lokal Aceh. BRIN tidak bisa bekerja sendiri, namun perlu mitra yang akan berkontribusi sesuai kapasitas masing-masing, baik bidang pertanian, peternakan, perikanan, kesehatan, sosial dan lainnya," ujarnya.

Acara FGD tersebut selain dihadiri Rektor, Dekan, Ketua LPPM, Ketua Prodi dan para dosen juga peneliti BRIN serta pengusaha.

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018