Jumat, 12 Juli 2024


ICARE Jatim: Memberdayakan Kawasan Pertanian Mangga-Jagung Berbasis Korporasi Petani

04 Okt 2023, 14:30 WIBEditor : Gesha

Kunjungan Sekretaris BSIP (Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA.) di lokasi ICARE, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur | Sumber Foto:BSIP Jatim

Penyusunan Rencana Agribisnis

Langkah penting lainnya dalam mewujudkan keberhasilan Program ICARE adalah penyusunan rencana agribisnis atau business plan yang melibatkan konsultan yang memiliki kompetensi tinggi dan berpengalaman. Tahap ini tidak hanya sekadar proses perencanaan, melainkan juga merupakan kolaborasi intensif dengan berbagai pihak, termasuk BPSIP Jawa Timur, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan, para akademisi dari perguruan tinggi, praktisi, swasta, dan konsultan yang profesional.

Keberhasilan program ICARE tidak hanya bergantung pada dedikasi dan dukungan kuat dari berbagai stakeholder, tetapi juga memerlukan pemahaman yang jelas mengenai peran dan tanggung jawab masing-masing pihak di tingkat regional. Dalam konteks ini, pentingnya pembagian peran dan tanggung jawab sesuai dengan kewenangan dan fungsi instansi yang bersangkutan tidak dapat diabaikan.

Upaya inisiasi pembentukan korporasi petani merupakan langkah strategis yang melibatkan lembaga-lembaga yang telah ada, seperti kelompok tani, gapoktan, MPIG, dan Bumdes. Proses pembentukan lembaga berbadan hukum yang akan menjadi pusat pelaksanaan kegiatan ICARE berjalan secara intensif dan melibatkan berbagai pihak yang relevan.

Hasilnya patut disyukuri dengan terbentuknya dua lembaga koperasi berbadan hukum untuk komoditas mangga dan jagung. Kedua koperasi produsen ini telah memenuhi persyaratan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian dan telah memperoleh Surat Keputusan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, yaitu SK nomor AHU-0003470.AH.01.29 Tahun 2023 untuk koperasi "Mangga Putar Maslahat Pasuruan" dan nomor AHU-0003511.AH.01.29.Tahun 2023 untuk koperasi “Jagung Jaya Abadi Pasuruan”.

Pentingnya pelaksanaan training atau pelatihan bagi Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam pendampingan kegiatan ICARE dari BPSIP Jawa Timur dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan tidak bisa dianggap remeh. Training ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM pendamping dalam menjalankan tugas mereka di lapangan.

Program ICARE membuka peluang besar bagi Kabupaten Pasuruan untuk meningkatkan produktivitas dan pemasaran komoditas mangga dan jagung dengan menerapkan standar-standar tertinggi. Ini adalah upaya terintegrasi yang melibatkan berbagai stakeholder, yang diharapkan akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas rantai pasok bagi semua pihak yang terlibat. Keberhasilan program ini akan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan pelaku utama dan pelaku usaha pertanian.

Reporter : Atekan, Gunawan, Galuh, Ratih
Sumber : BSIP Penerapan
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018