Senin, 04 Maret 2024


BMKG Rilis Daftar Daerah Terpanjang Tanpa Hujan, Pulau Jawa Terdampak Ekstrem!

16 Okt 2023, 10:51 WIBEditor : Gesha

Sawah kekeringan di Indonesia | Sumber Foto:Antara Foto

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Berita terbaru dari BMKG mencengangkan: Daftar daerah terpanjang tanpa hujan dirilis, dan Pulau Jawa menjadi salah satu yang terdampak secara ekstrem. 

BMKG telah merilis daftar daerah kurang hujan terpanjang hingga pertengahan Oktober 2023. 

Kepala Koordinator Analisis Variabilitas Iklim, Pusat Informasi Perubahan Iklim, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Supari mengatakan dari pemantauan iklim melalui 4093 pos pengamatan hujan di Indonesia, sebanyak 870 lokasi mengalami kondisi hari tanpa hujan paling ekstrem. 

Menurut BMKG, 870 lokasi tersebut sudah tidak mengalami hujan selama lebih dari 60 hari atau dua bulan. Padahal, dalam kondisi normal, sebagian besar wilayah Indonesia seharusnya sudah memasuki musim hujan pada Oktober ini. 

Menurut peta Monitoring Kekeringan Meteorologis BMKG, hampir seluruh wilayah di Pulau Jawa mengalami kondisi paling ekstrem. Sementara itu, wilayah yang paling lama tidak mengalami hujan adalah Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), yakni selama 166 hari atau lima bulan lebih.

Berikut ini Peringatan Dini Kekeringan Meteorologis Berlaku Untuk Dasarian 1 Oktober 2023.

Waspada: Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Siaga: Kabupaten di Provinsi Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Awas: Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua Selatan. 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018