Sabtu, 24 Februari 2024


Hadiri Mappalili, Bupati Pinrang Optimis Produksi Pertanian Meningkat

22 Des 2023, 16:43 WIBEditor : Herman

Bupati Pinrang saat menghadiri tradisi Mappalili di Desa Samaenre, Kecamatan Mattiro Sompe | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Pinrang --- Tradisi Mappalili kembali di gelar, kali ini oleh masyarakat di Cappakala, Desa Samaenre, Kecamatan Mattiro Sompe. Kegiatan yang dihadiri Bupati Pinrang Irwan Hamid didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang A.Calo Kerrang ini merupakan harapan agar kegiatan pertanian terhindari bala dan hama.

Diungkapkan Bupati Irwan, kegiatan Mappalili yang dilaksanakan petani Cappakala, Desa Samaenre, Kecamatan Mattiro Sompe, merupakan sebuah kearifan lokal yang bertujuan memohon rahmat dari Allah SWT pada proses pertanaman para petani.

Selain itu, tradisi yang akrab dengan ritual berdoa ini juga berisi pengharapan agar kegiatan pertanaman para petani terhindar dari bala dan hama.” Ujarnya.

Terkait sistem irigasi yang telah diremajakan beberapa waktu lalu, Bupati Irwan optimis, pada musim tanam kali ini, produksi pertanian para petani akan meningkat dan dapat mencapai 8 ton per hektar.

Selain itu, Bupati Irwan juga berpesan agar masyarakat terus menjaga persatuan dan sinergitas yang merupakan cara menghindari gesekan yang mungkin terjadi selama aktifitas pertanian berjalan.

Pada kesempatan ini, turut hadir, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Dina Konstruksi M.Jenal, Camat Mattiro Sompe A.Ramlan Natsir, Tokoh Agama dan masyarakat serta masyarakat Tani Dusun Cappakala.

 

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018