Minggu, 14 April 2024


Menjaga Rasa Pedas dengan Teknik Pengawetan Cabai

14 Mar 2024, 14:11 WIBEditor : Gesha

Pengeringan cabai | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Ketika panen cabai tiba, harga sering turun drastis. Namun, saat pasokan menjadi langka, harga cabai melonjak tinggi. Salah satu cara mengatasi fluktuasi harga cabai adalah dengan menerapkan teknik pengawetan untuk menjaga ketersediaannya sepanjang tahun.

Cabai merupakan tanaman asli Amerika Tengah dan Selatan, yang dikenal sebagai salah satu tanaman pertanian awal. Mereka sangat serbaguna, bisa dimakan mentah, dimasak, dipanggang, atau diasinkan. Selain itu, cabai kaya akan vitamin dan antioksidan seperti vitamin A dan C.

Variasi cabai sangat banyak, dengan tingkat kepedasan yang bervariasi dari sedikit hingga sangat pedas. Kepekaan rasa pedas ditentukan oleh kandungan capsaicin, sebuah senyawa kimia dalam cabai. Semakin tinggi kandungan capsaicin dalam cabai, semakin pedas rasanya.

Baik menanam cabai sendiri maupun memanfaatkan harga murah di pasar, pengawetan cabai adalah solusi cerdas untuk mempertahankan pasokan sepanjang tahun.

Pilihan teknik pengawetan termasuk mengeringkan, mengasinkan, membekukan, atau mengawetkan cabai dalam minyak. Setiap metode menghasilkan tekstur yang berbeda, namun cita rasa dan tingkat kepedasan cabai tetap terjaga.

Mengutip Balai Besar Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BBPSIP) atau yang dahulu dikenal sebagai Balai Besar Pengakajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), metode pengawetan cabai bisa dilakukan secara sederhana. 

Mulailah dengan membilas cabai menggunakan air dingin yang mengalir untuk membersihkan segala kotoran dan debu yang menempel.

Buang cabai yang sudah membusuk atau rusak karena tidak akan bertahan lama. Setelah itu, tepuk cabai dengan kertas tisu sampai kering sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Lebih baik lagi jika menggunakan sarung tangan saat menangani cabai. Cabai pedas mengandung kapsaisin, zat kimia yang dapat menyebabkan sensasi terbakar saat bersentuhan dengan kulit.

Pastikan untuk sangat berhati-hati agar tidak menyentuh mata atau hidung setelah menangani cabai pedas.

Kemudian, tempatkan cabai di atas rak kawat yang memungkinkan sirkulasi udara dari bawah, seperti rak pendingin atau rak dengan celah.

Hindari menggunakan baki atau wadah yang padat, karena hal ini dapat menghambat aliran udara dan menyulitkan proses pengeringan secara merata.

Pastikan rak atau wadah tersebut diletakkan di dalam ruangan yang mendapat sinar matahari dan memiliki ventilasi yang baik, seperti ambang jendela dapur.

Biarkan cabai mengering selama minimal tiga hari, atau lebih jika diperlukan, sebelum menyimpannya dalam wadah kedap udara. Anda juga dapat mencoba menguntai dan menggantung cabai. 

Gantung untaian cabai di bagian rumah yang mendapat ventilasi yang cukup dan terkena sinar matahari. Dalam rentang waktu tiga hari hingga satu minggu, cabai akan mengering secara sempurna dan siap untuk digunakan

Kering Oven

Untuk mengeringkan cabai dengan cepat, Anda dapat menggunakan oven. Ini merupakan opsi yang baik jika Anda membutuhkan hasil cepat tanpa harus menunggu cabai mengering secara alami.

Lebih baik memotong cabai menjadi bagian-bagian agar proses pengeringan berlangsung lebih cepat dan merata.

Langkah-langkahnya dimulai dengan memotong cabai secara memanjang.

Saat Anda menyiapkan potongan-potongan tersebut, pastikan sisi bijinya menghadap ke luar. Kemudian, letakkan potongan-potongan cabai di atas rak panggangan.

Saat memanggang, pastikan oven diatur pada suhu rendah, sekitar 51,67 derajat Celsius, atau pada pengaturan suhu terendah yang tersedia.

Panggang cabai sampai kulitnya melepuh agar mudah terlepas dari dagingnya. Pastikan untuk membalik cabai setelah sisi atasnya melepuh agar matang secara merata.

Sering-seringlah memeriksa kekeringan cabai. Ini mungkin memakan waktu 3-6 jam.

Jika Anda tidak memiliki oven, Anda juga bisa menggunakan pemanggang atau kompor. Setelah cabai dipanggang, biarkan cabai mendingin dalam satu lapisan.

Kemudian, kupas kulitnya setelah cukup dingin untuk dipegang. Sebagai alternatif, Anda juga dapat merendam cabai dalam air es hingga benar-benar dingin sebelum dikupas.

Jika Anda memiliki mesin pengering makanan, itu bisa menjadi pilihan yang lebih cepat dan efisien. Mesin pengering akan membantu mempercepat proses pengeringan tanpa memerlukan pengawasan yang intensif.

Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat dengan cepat mengeringkan cabai untuk digunakan dalam waktu singkat, sehingga Anda bisa menikmati kelezatannya sepanjang tahun.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018