Minggu, 18 Agustus 2019


BPK Rekomendasikan Peningkatan Anggaran Teknologi untuk Pertanian

12 Jun 2019, 07:09 WIBEditor : Gesha

BPK merekomendasikan peningkatan dana penelitian dan pengembangan teknologi pertanian | Sumber Foto:TIARA

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Berhasilnya Kementerian (Kementan) dalam mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama tiga tahun berturut-turut membuat Kementan semakin memiliki tanggungjawab yang besar, termasuk mengikuti perkembangan teknologi dan riset.

Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan RI, Rizal Djalil pada konferensi pers acara Halal Bihalal Keluarga Besar Kementan menyampaikan Kementan berhasil merealisasikan hampir 91?ri anggaran Rp 24 triliun, atau sekitar Rp 21 triliun.

Rizal menegaskan, bukan hal yang mudah untuk merealisasikan anggaran sebesar ini, apalagi anggaran ini terkait dengan upaya pemerintah mensejahterakan masyarakat dimana Kementan harus bermitra dengan pemerintah daerah yang jumlahnya luar biasa banyak. 

"BPK punya dua rekomendasi, pertama Kami mengusulkan supaya dana untuk memperbaiki data pertanian dalam arti luas termasuk data untuk menetapkan subsidi pupuk, jumlah yang akan memperoleh itu, kemudian luas lahan, luas panen dan data pertanian lainnya itu kita tingkatkan lagi,” katanya.

Menurutnya, selama ini sudah cukup baik, tapi perlu terus di-update dengan teknologi yang canggih. Tidak apa-apa kita berinvestasi besar untuk itu.

“Sehingga apapun keputusan yang kita ambil misalnya keputusan impor itu betul-betul memakai data dari Kementan, bukan dari data kementerian teknis yang lain,” tambahnya.

Rekomendasi lainnya dari BPK untuk ke depan, pemerintah akan mengikuti persaingan global yang sangat ketat dengan negara sekitar seperti Thailand yang sudah melangkah lebih maju. Bagaimana produk-produk pertanian mereka dapat ditemukan di Mekah, Jeddah, Eropa dan lain sebagainya.

“Kita juga menuju kesana. Upaya itu sudah digerakkan oleh Mentan untuk itu BPK mendukung sepenuhnya peningkatan dana research and development (RnD). Sehingga produk-produk Kita yang selama ini sudah bagus,menjadi lebih kompetitif lagi di pasar internasional,” ungkapnya.

Menanggapi hal rekomendasi tersebut, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan pihaknya akan lebih tingkatkan, khususnya teknologi. Teknologi dinilai sangat penting untuk bersaing dengan negara lain.

“Tidak mungkin bisa bersaing dengan negara lain tanpa teknologi sehingga kami melakukan transformasi sejak awal dari pertanian tradisional menjadi pertanian modern,” pungkasnya.

Reporter : Tiara
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018