Jumat, 06 Desember 2019


DKI Jakarta Rangkul IPB, Garap Grand Design Logistik Hasil Ternak

14 Nov 2019, 07:11 WIBEditor : Gesha

Kadis KPKP DKI Jakarta, Darjamuni (no. 2 dari kanan) saat hadir di acara Hanter International Seminar, di Bogor | Sumber Foto:IKA

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berminat bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam penyusunan Grand Design Logistik Hasil Ternak.Tawaran kerja sama tersebut disampaikan langsung Kepala Dinas Ketahanan Pangan,  Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta,  Darjamuni,  di acara Hanter International Seminar,  di Bogor,  Rabu (13/11).

"Dengan adanya grand design itu kami jadi memiliki panduan dalam upaya menyiapkan logistik hasil ternak yang memang kebutuhannya di  Jakarta sangat besar, " kata Kadis KPKP, disela acara seminar yang dibuka Dekan Fakultas Peternakan IPB,  Sumiati tersebut.  

Permintaan masyarakat Jakarta akan produk hasil ternak berupa daging,  telur dan susu,  bukan hanya datang dari rumah tangga tetapi juga banyak pihak lain seperti pengusaha hotel, restoran,  katering (koreka)  serta perusahaan pangan olahan. "Karena itu tuntutan penyediaan pangan hewani bukan sekedar kuantitas tetapi juga kualitasnya,"  tegas Darjamuni .

Keberadaan grand design logistik hasil ternak dinilainya penting guna dapat mengupayakan  penyediaan produk pangan hewani yang aman,  sehat,  utuh dam halal (ASUH) sekaligus mendukung program relokasi unggas yang tengah  dilaksanakan di wilayah Jakarta.  

Program relokasi unggas di ibukota diatur dengan Perda DKI No.4 /2007 tentang Pengendalian,  Pemeliharaan dan Distribusi Unggas serta SK Gubernur DKI No.1627/2009 tentang Relokasi RPA Liar di Jakarta. "Tahun 2022 tidak boleh lagi masuk ke Jakarta ayam hidup.  Tetapi sudah dalam bentuk karkas.  Tentu harus ada upaya-upaya untuk bisa merealisasikannya, " tuturnya. 

Sejauh ini, menurut Kadis KPKP,  institusinya sudah menyiapkan sarana prasarana yang diperlukan seperti membangun rumah-rumah potong unggas (RPU) moderen dan berkapasitas besar di semua pintu masuk wilayah DKI Jakarta juga penataan tempat-tempat pemotongan ayam (TPA) yang keberadaannya di tengah pemukiman.

Dirancang oleh para ahli yang berkompeten di institusi pendidikan IPB pihaknya berharap grand design tersebut dapat membantu kelancaran pelaksanaan program relokasi unggas sehingga apa-apa yang ditargetkan bisa tercapai.

Reporter : IKA RAHAYU
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018