Saturday, 06 June 2020


Kompensasi Dampak Corona, Sejuta Ayam Lokal untuk 20 Ribu Petani Penggarap

02 Apr 2020, 09:26 WIBEditor : Gesha

Pemerintan berencana memberikan bantuan produktif untuk petani penggarap | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Kementerian Pertanian kini tengah mempersiapkan bantuan produktif bagi Rumah Tangga Petani Penggarap (RTPP). Tak tanggung-tanggung Sejuta Ayam Lokal Unggul dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dipersiapkan untuk 20 ribu RTPP.

"Balitbangtan akan mendiseminasikan satu juta ekor bibit unggul ayam lokal unggul kepada 20 ribu RTPP di Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur," ungkap Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Kapuslitbangnak) Dr. Ir. Atien Priyanti SP, M.Sc.

Kegiatan diseminasi ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran (SE) Menteri Pertanian No. 02/SE/RC.210/M/03/2020 tanggal 26 Maret 2020, tentang Refocussing Kegiatan dan Anggaran Lingkup Kementan TA 2020 Sebagai Antisipasi Dampak Pandemi Virus Corona (Covid-19). 

Kapuslitbangnak menjelaskan tujuan kegiatan ini adalah untuk mendiseminasikan inovasi hasil penelitian bibit unggul ayam lokal Balitbangtan dalam rangka memberikan tambahan pendapatan bagi Rumah Tangga Petani Penggarap (RTPP) sebagai jaring pengaman sosial dalam masa tanggap darurat Covid-19.

Seperti diketahui, pandemi virus Corona berdampak terhadap ekonomi masyarakat kecil untuk itu diperlukan kerja aksi Balitbangtan guna membantu ketahanan pangan Petani dalam bentuk Program Jaring Pengaman Sosial. "Sasaran pada kegiatan ini yaitu RTPP berdasarkan database dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Pertanian (BPPSDMP) tahun 2020," tambahnya.

Rencananya kegiatan Diseminasi Sejuta Ekor Ayam Lokal Unggul Balitbangtan akan dimulai pada bulan Mei sampai Juli 2020, dengan tahapan kegiatan: 1) pembuatan data calon RTPP dari database BPPSDMP; 2) sosialisasi kepada Bupati dan Dinas terkait; 3) verifikasi calon RTPP dan penetapan RTPP Penerima; 4) bimbingan teknis kepada RTPP Penerima; 5) pengadaan barang dan jasa; 6) distribusi ayam, pakan, VOV, sarana prasarana dan bantuan kandang; serta 7) pendampingan/pengawalan dan pelaporan. 

Memulai langkah diseminasi, Puslitbang Peternakan melakukan rapat koordinasi Diseminasi Sejuta Ekor Ayam Lokal Unggul Balitbangtan secara virtual menggunakan fasilitas video conference Agricultural War Room (AWR) Balitbangtan, belum lama ini  di Cimanggu, Bogor.

Virtual meeting yang dipimpin oleh Plt. Sekretaris Balitbangtan Dr. Ir. Hardiyanto, M.Sc.  ini diikuti oleh seluruh Unit Kerja dan Unit Pelaksana Teknis lingkup Balitbangtan. Materi rapat disampaikan oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Kapuslitbangnak) Dr. Ir. Atien Priyanti SP, M.Sc.

Reporter : Ivoni Sembiring
Sumber : Puslitbang Peternakan
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018