Wednesday, 23 September 2020


Tata Cara Menangani Telur Ayam yang Baik

05 May 2020, 21:19 WIBEditor : Clara

Telur ayam, protein hewani yang paling populer di masyarakat dunia | Sumber Foto:pertanian.go.id

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Di tengah pandemi Covid-19 yang tidak bebas melenggang ke luar rumah, tentu menyimpan makanan menjadi pilihan utama. Biasanya makanan yang disimpan adalah makanan yang tahan lama seperti beras, mi instan, makanan kaleng dan makanan beku. Untuk makanan segar dan tahan lama yang sering menjadi 'lauk' pelengkap di kala darurat adalah telur ayam. Harga ramah di kantong, tahan lama, rasanya nikmat, dan bergizi.

Walaupun telur ayam tahan lama, tetap ada langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam menyimpannya. Jangan sembarangan karena nanti mudah busuk atau menjadi tercemar. Yuk, kita lihat tata caranya.

Ketika baru membeli, sebaiknya telur langsung dicuci. Jangan langsung ditaruh karena telur-telur yang dijual, biasanya tidak dibersihkan. Makanya tidak heran ketika sedang membeli telur, pasti di kulitnya terdapat kotoran ayam yang sudah kering atau bulu ayam. Ini harus dibersihkan.

Tetapi sebelum dibersihkan, taruh di baskom dan pisahkan dengan telur yang retak dengan yang kotor. Setelah dipisahkan, yang kotor langsung dibersihkan dengaj air yang mengalir. Tidak usah disikat karena akan membuat kulit telur akan terkikis dan bisa retak. Setelah bersih, pindahkan ke baskom jaring-jaring untuk dikeringkan.

Telur yang telah kering, dapat disimpan di suhu ruangan atau lemari pendingin (kulkas). Kalau di suhu ruangan, dapat bertahan hingga 15 hari, sedangkan di kulkas hingga 30 hari.

Untuk penyimpanannya, sebaiknya di simpan di wadah telur (tray) dengan posisi bagian tumpulnya berada di atas. Tetapi kalau tidak ada, boleh ditaruh di baskom yang berjaring-jaring.

Ketika akan mengkonsumsi telur, sebaiknya konsumsi telur yang sudah di simpan terlebih dahulu. Baru ketika telur yang lama sudah habis, dapat mengkonsumsi yang baru disimpan.

Reporter : Agustin
Sumber : Ditjen PKH Kementan
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018