Saturday, 06 June 2020


Yuk, Kenali Daging Babi, Celeng, dan Sapi

14 May 2020, 23:38 WIBEditor : Clara

Penjual daging sapi di pasar | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Terkuaknya kejahatan pemalsuan daging sapi yang ternyata daging babi di Bandung, tentu membuat resah masyarakat karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam yang melarang mengkonsumsi daging babi dan celeng. Ditambah kasus ini terkuak saat menjelang Hari Raya Idul Fitri di mana konsumsi daging sapi jauh lebih meningkat dibandingkan hari biasa. Tidak perlu takut, Kementerian Pertanian (Kementan) lewat Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan, memberikan cara mengenali perbedaan pada warna, serabut dan bau daging babi, celeng, dan sapi.

Daging babi. Warna padi daging babi adalah merah muda keabuan dan cerah karena fisik babi ini memang terkenal berwarna merah muda, jadi tidak heran dagingnya pun demikian warnanya. Kalau awamanya, cenderung seperti daging ayam. Serabutnya pun relatif halus, sehingga ketika dipotong dengan menggunakan pisau kurang tajam lebih mudah. Untuk baunya, dapat dikategorikan tidak terlalu amis.

Daging celeng. Sebelumnya kita harus tahu dulu perbedaan daging babi dan celeng. Daging babi ini berasal dari peternakan babi yang warna bulu babinya sangat muda, sehingga terlihat langsung warna kulitnya yang berwarna merah muda. Kalau daging celeng ini berasal dari babi hutan yang warna bulunya adalah hitam. Selain itu, celeng tidak diternakan, melainkan liar.

Warna daging celeng ini berwarna merah jambu sampai merah tua. Bahkan cenderung pucat warnanya, seperti daging ayam. Serabutnya pun relatif halus, mudah untuk terpotong walaupun hanya disayat. Yang paling menonjol adalah baunya, yakni sangat amis.

Daging sapi, ini harus benar-benar kita perhatikan. Warna daging sapi ini adalah merah ceri dan cerah. Tidak pucat seperti daging babi dan celeng. Serabutnya pun relatif lebih kasar, sehingga kalau kita memotongnya dengan menggunakan pisau yang kurang tajam, agak sulit terbelah. Baunya tidak amis, tetapi kalau kita sudah hapal dengan baunya khasnya, kita akan yakni bahwa itu daging sapi. Ini adalah ciri yang paling tidak bisa dibantahkan karena bau daging sapi itu sangat khas. 

Reporter : Agustin
Sumber : BPMSPH
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018