Monday, 10 August 2020


Kandang Terawat, Ternak Nyaman Cuan Datang

27 Jul 2020, 14:06 WIBEditor : Gesha

Kandang Terawat membuat hewan ternak nyaman | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Kandang ternak memang diperlukan bagi yang mempunyai usaha peternakan. Dengan kandang yang terawat, ternak akan nyaman dan cuan pun datang. 

Dalam usaha peternakan, kandang berfungsi untuk melindungi ternak dari pemangsa, mencegah ternak agar tidak ke mana-mana yang dapat menyebabkan kerusakan, tempat makan dan minum, tempat tidur/istirahat ternak, tempat kawin dan beranak, tempat pembuangan kotoran ternak, tempat merawat ternak yang sakit, dan dapat memudahkan  pengontrolan ternak. 

Dengan fungsi yang demikian, agar kandang tahan lama maka perlu dirawat. Harus rutin dibersihkan, apabila ada bagian yang rusak segera diperbaiki agar tidak meluas. Selain itu, ukuran kandangnya harus disesuaikan dengan bobot ternak apa yang dibudidayakan. 

Ada beberapa syarat untuk mendirikan kandang ternak, yakni memilih tempat yang kering (tidak tergenang air), jarak kandang dengan rumah atau tampungan air (sumur) harus berjauhan agar tidak tercemar oleh bau dan kotorannya, cukup mendapatkan sinar matahari, dan harus terlindung dari angin, terutama angin malam. 

Untuk bahan-bahan pembuatan kandang tergantung jenis ternak. Kalau untuk ternak kambing/domba, dapat dibuat dari kayu atau bambu. Asalkan berbahan yang tidak mudah lapuk, kuat dan tahan lama. 

Sedangkan untuk kandang sapi, biasanya dibuat dari bata dan semen. Kandang untuk kambing/domba biasanya berbentuk panggung.

Mengapa berbentuk panggung agar lebih mudah membersihkan kotorannya, sehingga kebersihan kandang dapat terjamin. Tetapi terdapat kelemahannya, yakni biaya pembuatan relatif mahal dan ternak beresiko terperosok apabila bebannya berat.

Lantai tanah juga bisa digunakan untuk kambing/domba. Kelebihan dari kandang berlantai tanah adalah biayanya jauh lebih menekan, konstruksi kandang lebih sederhana, dan resiko ternak terperosok dapat dihindari. Tetapi ada kekurangannya, yakni: kebersihan kurang terjamin, sehingga menjaga kesehatan ternak harus lebih ekstra lagi. 

Seperti yang dibicarakan sebelumnya, kandang harus bersih agar ternak yang dibudidayakan sehat. Yang perlu diperhatikan kebersihannya adalah lantai dan kolong kandang (untuk ternak kambing/domba). 

Untuk lantai kandang sebaiknya rutin dibersihkan, sedangkan kolong kandang sekurang-kurangnya dibersihkan 1-2 minggu sekali.

Reporter : Clara
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018