Monday, 19 October 2020


Masa Pandemi, Hari Ayam dan Telur Nasional 2020 Dilaksanakan Daring

15 Oct 2020, 08:53 WIBEditor : Gesha

Konsumsi ayam dan telur harus ditingkatkan | Sumber Foto:Istimewa

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Di tengah kondisi pandemi Covid-19 pelaku usaha di bidang perunggasan tetap menggelar berbagai kegiatan Peringatan Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) meski secara daring. Melalui kegiatan ini diharapkan konsumsi daging ayam dan telur di masyarakat dapat ditingkatkan.

Pada acara konferensi pers yang dilakukan secara daring, Senin (12/10) panitia acara, Bambang Suharno, mengemukakan, sejak tahun 2011 peringatan HATN dan World Egg Day (WED) oleh segenap pelaku usaha perunggasan dijadikan sebagai kalender rutin tahunan. Penyelenggaraan kegiatan ini dilatarbelakangi keprihatinan akan masih rendahnya konsumsi daging ayam dan telur di Indonesia. 

"Belakangan ini juga banyak beredar berita hoax mengenai ayam dan telur sehingga membuat orang enggan mengkonsumsi kedua bahan pangan yang merupakan sumber protein hewani tersebut," tutur Bambang seraya menegaskan bahwa masyarakat kini lebih mementingkan membeli pulsa ketimbang telur.

Melalui aktivitas kampanye makan daging ayam dan telur yang dilaksanakan berbarengan dengan momen peringatan HATN, perusahaan yang bergerak di bidang perunggasan dan tergabung dalam organisasi terkait dapat berkontribusi dalam mendongkrak peningkatan konsumsi daging ayam dan telur sehingga status gizi masyarakat Indonesia dapat meningkat.

Bambang menekankan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di peringatan HATN dan WED 2020 tidak ada acara pengumpulan masa tapi mengedepankan kegiatan daring melalui webinar, live streaming media sosial dan publikasi media masa baik radio, media cetak maupun media elektronik.

Gelaran webinar bertajuk "Ayam dan Telur Meningkatkan Imunitas" akan dilaksanakan pada 15 Oktober 2020. Di kesempatan acara itu akan diadakan demo masak oleh chef Eddrian Tjhia.

Pada 27 Oktober peringatan HATN dilaksanakan di Samarinda Kalimantan Timur dalam bentuk talkshow di radio dan televisi lokal serta kunjungan Duta Ayam dan Telur ke peternak di Kalimantan Timur.

Acara seremonial juga akan diadakan pada tanggal 28 Oktober dibarengi webinar dengan tema "Prospek Bisnis dan Upaya Meningkatkan Daya Saing Perunggasan Nasional".

"Jadi melalui peringatan HATN dan WED 2020 kami tak hanya ingin mendorong peningkatan  konsumsi daging ayam dan telur, tetapi juga ingin menunjukkan bahwa bisnis perunggasan di tanah air sudah demikian berkembang," jelas Bambang Suharno yang juga pemimpin Redaksi Majalah Infovet itu. 

Reporter : Ira
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018