Saturday, 23 January 2021


Jadi Pengusaha, Mahasiswa Polbangtan Gowa Beternak Ayam Joper

07 Jan 2021, 15:47 WIBEditor : Gesha

AYAM JOPER jadi andalan | Sumber Foto:istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Gowa --- Beternak ayam hingga sekarang masih menguntungkan, inilah yang menarik minat milenial dari Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa,  Muhammad Fauzan Afdhal, Ainun Nisa Putri Amna, Khaerunisa, dan Bita Novita. Tergabung dalam Kelompok Generation of Preneur Savior (GPS), 4 generasi milenial ini memilih untuk mengembangkan budi daya peternakan ayam joper.

“Banyak dari kalangan peternak yang memilih untuk beternak joper daripada ayam kampung biasa karena masa panennya yang cepat dan cita rasa dagingnya tidak kalah dengan ayam kampung biasa,” ungkap Fauzan.

Untuk modal, mereka tidak kesulitan sebab mendapatkan suntikan dana dari program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) yang fokus pada peningkatan kapasitas pemuda pedesaan di bidang pertanian melalui pengembangan wirausahawan muda pertanian, fasilitas akses permodalan, dan pembangunan lingkungan usaha yang kondusif.

“Kami manfaatkan untuk membeli  800 DOC, pakan, dan perlengkapan kandang. Untuk pemasaran ayam joper yang diproduksi, kami telah menjajaki beberapa pasar dan beberapa rumah makan yang menyajikan menu ayam goreng," tegas Fauzan.

Fauzan dan ketiga rekannya pun menyadari sukses tidaknya usaha ada di kontinuitas produk dalam  memenuhi kebutuhan pasar. Untuk itu, mereka berupaya untuk meningkatkan produksi dan terus mengembangan jejaring pemasaran.

"Di lahan peternakan yang berlokasi di Bilacaddi Kel. Maradekaya Kec. Pattallassang, Kabupaten Takalar, kami ingin menambah luas kandang lagi dan membeli DOC secara rutin setiap bulannya 200 ekor agar bisa memenuhi kebutuhan pasar setap saat," harap Fauzan optimis.

 

Pada kesempatan yang sama, Project Manager Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS), Inneke Kusumawati, mengungkapkan bahwa program YESS dirancang untuk menghasilkan wirausahawan muda perdesaan di bidang pertanian. Keberhasilan program YESS akan menjadi percontohan dan tolok ukur untuk kegiatan program pengembangan pemuda tani dan kewirausahaan muda di tingkat nasional maupun internasional.

Pembentukan karakter wirausaha pada generasi muda tak akan berhasil tanpa ada dukungan berbagai pihak seperti dukungan keluarga, dukungan pemerintah daerah, serta dukungan pihak kampus dalam hal ini Polbangtan Gowa dalam membangun ekosistem bisnis di kampus.

Reporter : Lely
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018