Thursday, 17 June 2021


Sapi Limosin 1 Ton di Sidrap Bakal Dibeli untuk Qurban Presiden RI

03 Jun 2021, 11:19 WIBEditor : Ahmad Soim

Herman pemilik Sapi Limosin | Sumber Foto:Suriady

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Sidrap -- Sapi milik Herman seberat 1 Ton jenis Limosin bakal dibeli untuk qurban Presiden RI Jokowi di Kota Palopo Sulawesi Selatan.

Herman (41) pemilik sapi tersebut menceritakan awal mula dirinya terjun ke bisnis peternakan sejak tahun 2006 dengan 6 ekor sapi namun waktu terus berlalu sapi milik herman makin bertambah dan saat ini telah mencapai 50 ekor.

Herman yang tergabung dalam kelompok ternak Padaidi terus berusaha dan bekerja keras untuk mengembangkan usaha peternakannya.

Untuk mengembangkan usaha peternakan miliknya, Herman terus berupaya melakukan berbagai cara agar ternak sapi yang dipeliharanya dapat berkembang dan tumbuh sehat.

Saat Reporter tabloidinartani.com berkunjung ke lokasi kandang peternakan sapi miliknya yang terletak di Desa Tanete Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap,Provinsi Sulawesi Selatan,  Herman mengatakan: "Dalam usaha peternakan sapi yang perlu diperhatikan yakni kesehatan ternak dan kebersihan kandang karena hal itu dapat mempengaruhi pertumbuhan ternak," kata Herman.

BACA JUGA:

Ada dua tipe kandang sapi yang kami gunakan yakni kandang individu atau tunggal dan kandang koloni atau kelompok. "Kandang individu atau tunggal adalah tipe kandang yang mana satu sapi satu kandang atau antara sapi terdapat sekat pemisah sehingga setiap sapi memiliki ruang geraknya sendiri, hal ini membuat sapi lebih tenang, tidak mudah stress, saat pemberian pakan bisa diatur sehingga dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan ternak dan menghindari persaingan atau rebutan pakan dan perkelahian antar sapi," jelas Herman.

Sedangkan untuk kandang koloni atau kelompok (komunal) adalah kandang sapi yang tidak diberi sekat antar sapinya, dalam suatu luasan ruangan kandang terdiri dari sapi-sapi yang tidak diikat sehingga sapi dapat bergerak bebas," lanjut Herman.

 "Keuntungan kandang koloni, penggunaan tenaga kerja lebih efisien dibandingkan kandang individu, pekerjaan rutin sehari-hari seperti memberi pakan, membersihkan tempat pakan dan minum cukup dilakukan oleh satu orang . Untuk kandang individu dibutuhkan dua orang tenaga kerja dalam pekerjaan rutin sehari-hari.

Lebih jauh Herman mengatakan bahwa "untuk bibit kami  melakukan Inseminasi Buatan (IB) yang dilakukan penyuluh peternakan atau inseminator," lanjut Herman.

Herman memberikan ternak sapi peliharaannya seperti jerami, konsentrat, ampas tahu, dedak, bonggol jagung, dan rumput gajah. Diberikan dua kali sehari yakni pagi dan sore

Jenis sapi yang dipelihara Herman yakni jenis Simental, Lemosin, Bali. Ada satu sapi yang telah disurvei dari Dinas Peternakan Provinsi Sulawesi Selatan, sapi tersebut jenis Lemosin kalau memang jadi sapi tersebut akan dijadikan hewan qurban Presiden RI Jokowi pada hari raya idul adha 1442 H dan  rencananya akan diqurbankan di Kota Palopo Sulawesi Selatan.

"Iya, ada satu ekor sapi milik kami yang telah disurvei Dinas Peternakan Provinsi Sulawesi Selatan untuk dijadikan qurban oleh Presiden RI Jokowi pada hari raya Idul Adha 1442 H tahun 2021 ini, yakni jenis sapi Limosin dengan bobot berat badan mencapai 1 ton dan tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah dan semoga saja sapi kami jadi dibeli Presiden RI Jokowi,"ungkap Herman.

Sapi yang dipelihara Herman dijual dengan harga mulai Rp 16 juta hingga puluhan juta, tergantung dari jenis sapinya.

Selain hari raya Idul Adha sapi milik Herman biasanya dibeli untuk pernikahan dan hajatan-hajatan lainnya untuk pembelinya berasal dari Pangkajene dan sekitarnya.

____

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

Reporter : Suriady
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018