Thursday, 17 June 2021


Ketua Komisi IV Dukung Kemandirian Penyediaan Bibit Sapi

07 Jun 2021, 10:23 WIBEditor : Yulianto

Komisi IV DPR RI saat berkunjung ke BBIB Lembang | Sumber Foto:Ditjen PKH

TABLOIDSINARTANI.COM, Bandung---Penyediaan bibit menjadi salah satu faktor peningkatan populasi sapi. Karena itu, Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin terus mendorong komitmen kinerja pembangunan peternakan, utamanya dalam kemandirian penyediaan bibit nasional.

Saat berkunjungan ke BIB Lembang, Sudin juga menegaskan, pihaknya juga mendukung peningkatan populasi dan produksi daging nasional dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat akan protein hewani.

"Kunjungan kami ini agar dapat melihat secara langsung sekaligus mendapatkan informasi aspek terkait pembangunan peternakan baik dari segi perkembangan teknologi Inseminasi Buatan (IB), manajemen pemeliharaan, produksi, distribusi semen beku dan lainnya," kata Sudin di Lembang, Sabtu (5/6).

Namun demikian, Sudin juga meminta, ke depannya juga agar lebih diperbanyak kegiatan pelatihan, seperti bimbingan teknis supaya kompetensi sumber daya manusia peternak lebih meningkat dan kinerja peternakan Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Selain itu, ia menilai diperlukan juga kerja sama yang baik dengan BPTP untuk penyediaan bibit. Di samping ada beberapa aspek yang juga perlu ditingkatkan seperti peningkatan domba/kambing, penguatan Infrastruktur UPT, dan penguatan serta penyediaan pakan ternak khusus untuk peternak.

"Lalu berdikari harus mempunyai peran penting dalam penyediaan pangan andal ternak. Intinya tingkatkan kinerja PKH, lakukan upaya terobosan," tandas Sudin. Dalam kunjungan kerja tersebut, rombongan Komisi IV DPR RI berkesempatan melihat ternak-ternak yang ada di BIB Lembang.

Ternak yang dipelihara di BIB Lembang merupakan pejantan bersertifikat yang merupakan hasil seleksi dan Uji Zuriat pada sapi perah dan Uji Performa pada sapi potongBIB Lembang juga secara rutin melaksanakan replacement (peremajaan) agar dapat menghasilkan pejantan yang produktif.

Jenis ternak yang ada saat ini adalah sapi perah, sapi potong, kerbau, kambing dan domba unggul. Adapun alokasi kebun rumput seluas 22.45 ha digunakan untuk penanaman rumput gajah, rumput odot dan rumput Afrika (African star grass) serta penanaman legume perdu dan pohon sebagai sumber protein atau green concentrate.

 

Reporter : Julian
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018