Saturday, 23 October 2021


Manfaatkan Hijauan sebagai Pelet Ayam Kampung, Antarkan Tiara Raih Juara

29 Sep 2021, 20:54 WIBEditor : Gesha

Tiara dan pelet ayam kampung kreasinya | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Papua Barat – Kompetisi yang diperuntukkan bagi para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadikan para siswa makin kompetitif dalam berkarya.  Lomba Kompetensi Siswa (LKS) merupakan kompetisi tahunan berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional, hingga mewakili Indonesia ke ajang ASEAN Skills serta World Skills Internasional Competition.

Dari Timur Indonesia, Mutiara Zahria lolos sebagai Perwakilan Papua Barat untuk mengikuti ajang LKS Tingkat Nasional.  Tiara begitu ia kerap disapa dengan lugas memaparkan gagasannya secara dalam jaringan (daring) tentang agribisnis peternakan. 

Sebelumnya di Tingkat Provinsi, Tiara meraih Juara I Bidang Lomba Teknologi Peternakan yang diselenggarakan pada 7 hingga 10 September 2021 oleh Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat.  

Pemanfaatan hijauan sebagai pelet ayam kampung menjadikannya peraih juara 1.  Ditengah kisruh ketersediaan jagung, dengan apik tiara memformulasikan hijauan sebagai pelet ayam kampung. 

Tanpa menggunakan obat-obatan kimia, Tiara pun memanfaatkan kunyit sebagai pakan tambahan yang berguna untuk meningkatkan napsu makan ternak.  Selain itu, dedak, tepung ikan, tepung tapioka, tepung kedelai, dan pastinya tepung jagung juga menjadi campuran pelet yang Tiara buat.

Recky A. D. Risamasu, Kepala SMK Negeri 6 Masni Manokwari terus mendukung kreatifitas siswa baik secara akademik maupun non-akademik.  “SMK Negeri Enam Masni terus berupaya bagaimana bisa mengembangkan pengetahuan siswa di bidang peternakan,” sebut Recky. 

Masyarakat sangat membutuhkan lulusan-lulusan yang siap pakaian.  Memberkali siswa dengan khasanah keilmuan menjadi kewajban bagi SMK Negeri 6 Masni untuk memperiapkan generasi tani milenial yang maju, mandiri, modern dan berjiwa wirausaha. 

Reporter : Nsd
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018