Jumat, 21 Juni 2024


Palestina Sambut Baik Knowledge Sharing

19 Mar 2015, 09:13 WIBEditor : Kontributor

Di awal tahun 2015 ini, BBIB Singosari kembali mendapatkan apresiasi dari JICA , untuk bersama-sama berbagi teknologi dengan Palestina. Apresiasi tersebut disampaikan Duta Besar Palestina untuk Indonesia E. Fariz Mehdawi saat Pembukaan Pelatihan Internasional di Auditorium BBIB Singosari di Desa Toyomarto, Kabupaten Malang, Jawa Timur 3 Maret 2015.

Pelatihan dengan tema “Training program on frozen semen production and breeding of small ruminant for Palestine” ini dilaksanakan selama sepuluh hari, di BBIB Singosari dan diikuti oleh sepuluh teknisi dari Palestina. Kepala BBIB Singosari, Maidaswar mengemukakan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah dalam rangka meningkatkan keterampilan dan pengetahuan teknisi dari Palestina melalui transfer teknologi yang dimiliki BBIB Singosari.

Salah satu peserta pelatihan mengungkapkan bahwa mereka telah mengikuti pelatihan serupa di negara-negara lain namun belum membuahkan hasil. Pada kesempatan ini mereka mempercayakan kepada BBIB Singosari untuk membantu permasalahan yang dihadapi. “Saya harap pelatihan ini bisa menjadi solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi di Palestina,” ujar salah satu peserta pelatihan.

Pelatihan internasional ini merupakan bentuk kerjasama antara Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian dengan JICA (Japan International Cooperation Agency). Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari pertemuan the 2nd conference of CEAPAD (Cooperation among East Asian countries for Palestinian) yang dilaksanakan pada bulan Maret 2014 di Jakarta.

Telah banyak diketahui bahwa BBIB Singosari menjadi salah satu tujuan dari negara-negara di Asia, Afrika, juga Timur Tengah dalam pelatihan di bidang IB. Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Syukur Iwantoro, menyampaikan, selain Palestina, negara-negara yang pernah dilatih di BBIB Singosari di antaranya Cambodia, Myanmar, Malaysia, Thailand, Mongolia, Philipina, Kenya, Zimbabwe, Yaman, Srilanka, India dan Banglades. Syukur Iwantoro juga mengungkapkan kebanggaannya atas kemajuan teknologi IB di Indonesia, terutama BBIB Singosari yang diakui dunia internasional. Tim BBIB Singosari/Ira

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Julianto

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018