Monday, 08 August 2022


Rekayasa Nutrisi Pakan, Sapi Tambah Gemuk

30 Nov 2021, 11:01 WIBEditor : Yulianto

Imanuel, peternak sapi Labuan Batu Selatan | Sumber Foto:Gultom

TABLOIDSINARTANI.COM, Labuhan Batu Selatan---Rekayasa nutrisi pakan ternak menjadi cara yang efektif meningkatkan pertambahan berat badan sapi secara harian. Selain itu, meningkatkan kesuburan ternak meski postur badan gemuk. Bahkan dengan formulasi mampu membuat ternak lahir dalam keadaan kembar berkelanjutan.

Demikian diungkpkan Imanuel Hutapae saat Syahdian Purba Wakil Ketua DPRD berkunjung ke kandang ternaknya di Dusun Kandangan Motor, Desa Aek Batu, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Sabtu (20/11).

Noel sapaan sehari-hari Imanuel Hutapea menambahkan, rekayasa nutrisi pakan tersebut diformulasi di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah bersama Masyarakat Ternak Tani Indonesia tahun 2018. “Dengan uji coba berkali-kali dan akhirnya tercapai pertambahan berat sapi mencapai 6-11 kg/hari,” katanya.

Dengan dasar ilmu rekayasa nutrisi ternak ini, putra kelahiran Tebing Tinggi, Sumatera Utara ini mengatakan, mencari teman-teman yang sepaham dengan tujuan meningkatkan populasi ternak.

Bermula dari sembilan ekor sapi yang postur eksteriornya kurus dan secara klinis sangat sulit hidup, Noel mengatakan, dengan rekaayasa formulasi nutrisi pakan, berat hidup naik menjadi 200-300 kg saat diberi pakan 2-3 kg/hari. Disamping pakan konsetrat, ternak sapi juga diberi pakan hijauan ternak 15­-20 kg dan air minum yang tersedia sepanjang hari.

Menurut Noel, pemberian konsentrat pada pukul 7-10 pagi. Sebab, saat itu rumen paling aktif dan baik bagi pencernaan sapi. Begitu juga pemberian pada sore yakni pukul 16.00 sore sampai 20.00 malam .

Saat ini akan bekerjasama dengan beberapa KUD dan kelompok tani di Labuhan Batu Selatan. Mereka akan berinvestasi Rp 10-20 juta  untuk mengelola ternak sapi dan kambing dengan sistim yang dibuat Imanuel Hutapea bersama Syahdian Purba yang Ketua KTNA Kabupaten.

Syahdin mengatakan, dirinya akan mengusulkan ke bupati untuk membantu masyarakat petani, termasuk bantuan KUR untuk peternak. Rencananya juga akan dibangun pabrik pakan ternak di Kabupaten Labuhan Batu Seletan. Selama ini pakan didatangkan dari Boyolali.

Reporter : RE. Gultom
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018