Monday, 24 January 2022


Panen Pedet Bukti Keberhasilan Lampung Tingkatkan Produksi Sapi

09 Dec 2021, 14:20 WIBEditor : Yulianto

Kementan hadiri kegiatan panan pedet di Lampung | Sumber Foto:Humas Kementan

TABLOIDSINARTANI.COM, Lampung – Keberhasilan Provinsi Lampung dalam meningkatkan produksi sapi sudah membuahkan hasil. Kegiatan Panen Pedet yang dihadiri Mentan Syahrul Yasin Limpo beserta Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, adalah bukti Lampung sangat serius dalam mengembangkan peternakan sapi.    

Kegiatan panen pedet dan peluncuran 100.000 ekor Belgian Blue yang dilakukan jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) di Lapangan Merdeka, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung mendapatkan apresiasi Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin,  

"Saya pribadi sangat gembira dengan adanya kegiatan panen pedet hari ini karena berhasil meningkatkan populasi sapi lokal untuk kebutuhan nasional. Dan mengapresiasi upaya yang dilakukan teman-teman Kementan melalui Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan," ujar Sudin,  

Sudin berharap kegiatan tersebut bisa dilanjutkan dengan proses penggemukan hingga pengembangan daging untuk kebutuhan ekspor. Dengan begitu, maka, Indonesia mampu menjadi lumbung daging nasional yang terus mengalami surplus pada setiap tahunnya. 

"Tentu saja kegiatan ini jangan hanya terhenti disini, saya tidak mau kegiatan ini hanya seremonial basa basi setelah ini wassalam saya tidak mau. Saya sangat tidak suka kalau tiba-tiba ada impor ini dan itu. Karena apa bangsa kita bangsa yang hebat, apapun ada di negera kita. Padang yang luas, tanah yang subur dan sumber daya manusia yang luar biasa," katanya.

Dikatakan Sudin, sektor peternakan sejatinya adalah sektor yang memiliki peranan  penting dalam mewujudkan bangsa yang sejahtera dalam bidang perekonomian dan ketahanan pangan. Apalagi hasil ternak menjadi kebutuhan mendasar yang harus tersedia setiap hari.

"Membangun pertanian itu bukan hanya tanggungjawab Kementan saja, atau bukan tanggungjawab DPR saja, tetapi menjadi tanggungjawab kita semua, kalau kita bahu membahu Insyaallah semua dapat teratasi dengan baik," ungkapnya.

Sudin berharap, Kementan mempu membangun jejaring yang luas dengan kebutuhan pasar dunia. Kementan juga diharapkan mampu mempercepat penyerapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang terbukti memudahkan petani dalam membuka peluang usaha.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Bapak Menteri yang semalam Bapak tiba dari Jawa Timur kemudian pagi-pagi langsung ke Lampung untuk kepentingan rakyat. Terimakasih juga kepada semua pihak yang telah membantu kami, membantu perintah untuk swasembada daging. Semoga melakui kegiatan ini upaya peningkatan populasi ternak sapi dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan dapat tercapai," jelasnya 

Dikesempatan yang sama, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa kegiatan panen tersebut merupakan upaya pemerintah dalam menggerakkan seluruh potensi yang dimiliki daerah, terutama untuk mendorong pembangunan peternakan nasional, yang berdampak langsung pada kesejahteraan serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kegiatan panen pedet sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi seluruh insan peternakan yang telah berupaya keras bagi pembangunan peternakan yang terus bertumbuh meskipun di tengah situasi yang sulit masa pendemi covid-19," katanya.

 

 

Reporter : Herman
Sumber : Humas Kementan
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018