Sunday, 26 June 2022


Satu Tahun Berjalan Koperasi WSU Berperan Positif Bagi Peternak Unggas

14 Dec 2021, 14:25 WIBEditor : Herman

RAT Koperasi Produsen Wira Sakti Utama

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Baru terbentuk  namun Koperasi Produsen  Wira Sakti Utama (WSU) sudah memberikan dampak positif bagi para anggota yang merupakan peternak ayam ras pedaging (broiler) . Hal tersebut terungkap dalam laporan pertangung jawaban pengurus Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang diadakan Rabu (13/12).

Ditengah banyaknya peternak unggas rakyat yag gulung tikar beberapa tahun belakangan, Koperasi  Produsen Wira Sakti Utama (WSU) yang merupakan wadah peternak unggas di Kabupaten Bogor, bisa bertahan dan terus berkembang. Walaupun baru berusia kurang dari 2 tahun, namun Koperasi WSU sudah bisa memberikan peran positif kepada para anggota.

Dijelaskan Ketua Koperasi Produsen Wira Sakti Utama, Sugeng Wahyudi, Koperasi Wira Sakti Utama yang terbentuk untuk menyikapi kondisi perungasan 2-3 tahun terakhir sudah memberikan peran positif kepada para anggota.  

 “Kita masih bisa berjalan dan masih bisa mengakomodir kebutuhan para angota hingga saat ini,” ungkapnya.

Dalam satu tahun terakhir Sugeng mengaku Koperasi mengalami trand yang terus menaik dengan omset hingga milyaran rupiah. Berbagai program juga sudah dijalankan Koperasi WSU untuk melayani para angotanya. Mulai dari mensuplai kebutuhan produksi seperti DOC dan Pakan hingga transfer teknologi kepada para anggota berupa peralihan  dari penggunaan kandang open ke kandang  close.

“Dalam perjalanya hinga saat ini koperasi sudah memiliki kandang sendiri dan hal tersebut akan terus berkembang,” tambah Wakil Ketua Koperasi Produsen WIra Sakti Utama, Wismarianto B. Antarso.

Pencapaian koperasi yang beranggotakan peternak ayam ras pedaging (broiler) ini tentunya tidak bisa dilakukan sendir, kolaborasi antar pengurus, pengawas dan angota adalah hal penting. Berbagai kerjasama  B2B dengan pihak luar sudah dilakukan dalam memenuhi kebutuhan para angota, “Seperti saat ini Koperasi WSU sudah bekerjasama dengan 7 supplier untuk ketersedian DOC dan beberapa kerjasam alain”  ungkap Sekretaris Koperasi WSU, I Wayan Suadnyana.

Ditengah pencapaian positif Koperasi WSU, Sugeng mengaku masih banyak PR yang harus dikerjakan dan Hal tersebut akan menjadi target program kerja para pengurus. “Tantangan pasti ada salah satunya adalah kesulitan anggota memasarkan hasil budidaya dan disini kami berharap ada peran dari pemerintah ,” ungkapnya

Selain hilirisasi produk peternakan para angota, Wayan menambahkan tahun depan Koperasi WSU akan mengembangkan Rumah Potong Hewan (RPH) sendiri. “Kadi anggota koperasi ada yang punya RPH dan itu bisa dikembangkan lebih lanjut. Untuk percepatan kita tetap menjalin peluang dengan pihak luar,” jelasnya.

Sugeng berharap dengan kelembagaan  Koperasi WSU yang mapan maka koperasi bisa menggambil bagian dalam industri perunggasan nasional. 

Reporter : Herman
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018