Tuesday, 17 May 2022


Jangan Bawa HP ke Kandang Ayam!

17 Jan 2022, 12:23 WIBEditor : Gesha

Peternak ayam | Sumber Foto:ILUSTRASI

TABLOIDSINARTANI.COM, Papua Barat -- Ingin performa ayam maksimal di musim pancaroba? Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan. Tak hanya memberi ayam vitamin dan peningkatan imun, pemberlakuan biosecurity hingga disiplinitas anak kandang (pengelola kandang).

“Stop! Jangan membawa handphone (HP) saat masuk ke kandang ayam," seru drh. Nur Widayat, Manajer PT. Agrinusa Jaya Sentosa. Cak Nur begitu ia kerap disapa, berbagi pengalaman saat melakukan pemantauan ke salah satu kandang yang cukup besar di Lampung.  

Saat itu, kandang mengalami kerugian akibat terserang virus gumboro, pihak manajemen kemudian menantang para anak kandang, “Anak kandang yang bebas gumboro dalam dua periode diberikan hadiah,” sebut Cak Nur.

Salah satunya saran yang dianjurkan HP anak kandang tidak boleh dibawa masuk ke kandang.  Kenapa? HP itu kebanyakan diberikan pelindung (softcase/hardcase) dan ternyata disanalah sumber tempat hidupnya virus gumboro. Jika virus gumboro masuk ke ayam bisa menyebabkan outbreak (kejadian yang luar biasa).

"Bukan hubungannya HP dengan penyakit, tapi HP tersebut tidak bersih dan tidak steril sehingga menjadi wadah tumbuhnya berbagai penyakit yang dapat merugikan usaha ternak ayam.  Jika membawa HP ke kandang ayam, disadari atau tidak, hp tersebut sering dipegang. Disinilah titik krusial. Setelah memegang kandang, kemudian memegang HP.  Kuman yang ada di kandang akan menempel pada HP dan jika anak kandang berpindah tempat, kuman akan cepat menyebar jika sanitasinya tidak benar," jelasnya.

Hasilnya, anak kandang yang tidak membawa HP ke kandang, ayam-ayam tumbuh dan tidak terserang virus gumboro.  Meskipun tata kelola sudah diatur sesuai prosedur, mulai dari program vaksin maupun manajemen yang sama, ternyata HP yang tidak bersih dapat menjadi pemicu merebaknya gumboro. 

Reporter : Nsd
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018